Apakah vitamin c benar-benar mampu menangkal flu? Simak penjelasannya berikut ini. (Foto: Pexels.com)
Apakah vitamin c benar-benar mampu menangkal flu? Simak penjelasannya berikut ini. (Foto: Pexels.com)

Apakah Vitamin C Dapat Mencegah Flu?

Rona influenza vitamin c
Raka Lestari • 12 November 2019 07:30
Jakarta: Memasuki musim pancaroba, tubuh akan lebih rentan terkena penyakit. Salah satunya adalah flu, demam, dan batuk.
 
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dari berbagai penyakit tersebut adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh, caranya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Namun apakah cara tersebut benar-benar terbukti dapat mencegah flu?
 
"Vitamin C atau asam askorbat, adalah vitamin yang larut dalam air, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk kolagen dalam tulang, tulang rawan, otot, dan pembuluh darah, dan membantu penyerapan zat besi," jelas Dr Sherry Ross, MD, seorang Obgyn dan pakar kesehatan wanita di Providence Saint John's Health Center.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tubuh tidak memproduksi vitamin C sendiri, sehingga kita harus menyerapnya dari makanan. Vitamin C juga melindungi sel untuk mencegah kerusakan dari radikal bebas, seperti polusi udara dan asap rokok. Kemampuan vitamin C melawan flu karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Apakah Vitamin C Dapat Mencegah Flu?
(Selain jeruk, kiwi juga kaya akan vitamin C. Mengonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari flu. Foto: Pexels.com)
 
“Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh berjalan dengan baik untuk menjaga tubuh dari penyakit,” ujar Dr Ross. Menurut sebuah studi yang terdapat pada jurnal Nutrients pada tahun 2017 menemukan bahwa vitamin C sangat penting pada banyak aspek dalam sistem kekebalan tubuh.
 
Mulai dari membunuh mikroba dan memproduksi sel B dan sel T yang merupakan bagian penting dalam respons kekebalan tubuh.
 
Studi tersebut mencatat bahwa seseorang yang kekurangan vitamin C cenderung memiliki gangguan kekebalan dan lebih rentan terhadap infeksi. Semakin efektif sistem kekebalan tubuh, maka semakin baik pula tubuh melawan virus.
 
Jika Anda ingin mencegah flu, ada baiknya Anda memastikan untuk mengonsumsi cukup vitamin C setiap hari.
 
“Kebutuhan vitamin C setiap hari setiap individu berbeda-beda tergantu dari usia, jenis kelamin dan aktivitas Anda,” ujar Dr Ross. “Bagi pria dan wanita yang tidak merokok, yaitu sekitar 60 mg per hari.”
 
Ia merekomendasikan untuk mengonsumsi lima porsi buah-buahan dan sayur, termasuk jeruk. Dan usahakan buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, tomat, kiwi, brokolo, stroberi, dan melon tidak dalam bentuk selai atau yang sudah dikeringkan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif