Kapan harus mengganti make up? Apa pun produknya, jika baunya aneh atau terlihat aneh, singkirkan. (Foto: Pexels.com)
Kapan harus mengganti make up? Apa pun produknya, jika baunya aneh atau terlihat aneh, singkirkan. (Foto: Pexels.com)

Seberapa Seringkah Make Up Seharusnya Diganti?

Rona make up
Timi Trieska Dara • 11 Februari 2020 13:48
Jakarta: Make up jadi salah satu andalan banyak wanita. Tapi terkadang hasrat membeli make up ini dan itu lebih besar, yang jadinya belum tentu Anda butuhkan dalam berdandan. Kadang-kadang cuma mencoba saja dan sekedar ingin baragam make up ada. Dan ini menambah deretan kumpulan make up Anda di rumah.
 
Jadi, seharusnya seberapa sering make up diganti? Dilansir dari laman Bhg, ikuti aturan universal ini: Apa pun produknya, jika baunya aneh atau terlihat aneh (misalnya, sudah mulai terpisah atau berubah warna), singkirkan. Jika ragu, buanglah. Jika tidak, ikuti panduan bermanfaat ini.

1. Riasan mata

Sangat penting untuk apik dengan riasan mata Anda, terutama maskara dan eyeliner gel, kata Romanowski. Karena produk-produk ini mengandung air (yang diperlukan bakteri untuk tumbuh) dan diaplikasikan pada kulit kemudian dicelupkan kembali ke dalam wadah, mereka lebih rentan terhadap kontaminasi mikroba, katanya.
 
Semua ahli merekomendasikan untuk mengganti maskara Anda setiap tiga bulan. "Anda harus mendengar suara letupan setiap kali Anda membukanya dan mengeluarkan stiknya," kata Patinkin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika Anda tidak mendengar suara itu, itu berarti terlalu banyak udara masuk ke dalam tabung dan maskara sudah tua dan mengering. Pensil eyeliner dan bubuk dapat digunakan lebih lama enam bulan hingga satu tahun - mengingat bahwa itu tidak mengandung air.
 
Seberapa Seringkah <i>Make</i> <i>Up</i> Seharusnya Diganti?
(Kapan harus mengganti make up? Apa pun produknya, jika baunya aneh atau terlihat aneh, singkirkan. Foto: Pexels.com)

2. Make up padat

Lebih sulit bagi bakteri untuk tumbuh dalam segala bentuk bubuk karena tidak ada air, kata Carqueville. Itu berarti bubuk blush on, bronzer, dan foundation boleh digunakan selama sembilan bulan hingga satu tahun, kata Linkner.
 
Meskipun, sekali lagi, perhatikan perubahan apa saja yang terlihat. Lihat bintik-bintik aneh di atas bedak? Itu adalah penumpukan minyak yang menurut Patinkin Anda bisa kikis dengan pisau.
 
Tergantung pada seberapa banyak produk yang tersisa dan seberapa mahal harganya, mungkin lebih mudah untuk menggantinya.

3. Make up krim

Formula krim (foundation, concealer, blush on) mengandung air sehingga bisa menjadi masalah. Ganti ini setelah sekitar sembilan bulan, lebih sering jika Anda terus-menerus mencelupkan jari Anda ke dalam botol atau berhadapan dengan jerawat.


4. Lip gloss dan lipstik

Lipgloss dan lipstik harus diganti setiap enam bulan, kata Linkner, terutama jika Anda rentan terhadap perleche - retak, pecah-pecah, atau iritasi di sudut mulut yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.
 
"Riasan bibir dapat menampung mikroorganisme tersebut dan menginfeksi kembali kulit jika Anda tidak berhati-hati," saran dia. Untuk alasan yang sama, sebaiknya membuang riasan bibir yang Anda gunakan saat sakit atau demam.
 
Tips: Saat Anda membuka item make up baru, tulis tanggal di bagian bawahnya dengan spidol permanen (atau catat tanggal pada selembar selotip, kemudian tempelkan pada produk).
 
Ingat, kapan harus mengganti make up sampai ke formula (bubuk versus krim) dan jenis produk, tetapi memperbarui gudang riasan Anda setiap beberapa bulan adalah hal terbaik. Selain itu, alasan yang bagus untuk mengubah rutinitas Anda dan mencoba produk baru.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif