Jangan menyalahkan diri sendiri saat kekenyangan akibat makan berlebihan.Ilustrasi--Pexels
Jangan menyalahkan diri sendiri saat kekenyangan akibat makan berlebihan.Ilustrasi--Pexels

Tips Tepat setelah Makan Berlebihan

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 14 November 2019 18:08
Jakarta: Rasa lapar bisa membuat nafsu makan bertambah. Akibat makan berlebihan, perut terasa sangat penuh hingga sulit beraktivitas. Berikut ada tips tentang apa yang harus dilakukan setelah makan berlebihan, seperti disitat WebMD.
 
1. Bersantai
 
Jangan menyalahkan diri sendiri saat kekenyangan akibat makan berlebihan. Satu kali makan berlebihan tidak akan merusak kesehatan Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, selanjutnya perlu diingat untuk menikmati makanan dengan santai. Jika tidak, Anda akan menyangkal diri dan bisa membuat Anda merasa kurang, kemudian Anda makan lagi dalam siklus yang tidak sehat.
 
Sebaiknya, tentukan terlebih dahulu makanan apa yang akan Anda makan. Terutama untuk menu makanan di hari-hari berikutnya. Maka dengan demikian, Anda bisa memantau berapa banyak yang Anda konsumsi.
 
2. Jalan-jalan
 
Jalan-jalan yang mudah akan membantu merangsang pencernaan Anda dan bahkan mengurangi kadar gula darah Anda. Pergi bersepeda santai juga bisa menjadi solusi, tapi jangan berlebihan. Latihan fisik yang tepat bisa mengirim darah ke kaki dan bukan perut, yang nantinya bisa memperlambat pencernaan.
 
3. Minum air
 
Jangan meminumnya dengan porsi banyak seperti satu liter sampai Anda merasa sakit. Nikmati secangkir air setelah makan besar. Cara ini dapat membantu tubuh Anda menyingkirkan kelebihan garam yang kemungkinan Anda dapatkan dari makanan.
 
Langkah itu juga bisa mencegah Anda mengalami sembelit. Teruslah minum air yang cukup atau tidak berlebihan selama beberapa hari untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi.
 
4. Lewati boba
 
Jika Anda sudah makan berlebihan, minuman berkarbonasi seperti boba mungkin bukan ide bagus. Ketika Anda meminumnya, Anda menelan gas yang dapat mengisi sistem pencernaan Anda.
 
Jika melakukannya, akan membuat Anda merasa lebih kembung. Anda bersendawa sebagian, dan sisanya bergerak melalui sistem pencernaan Anda sampai sempurna sebagai gas.
 
5. Biarkan sisa-sisa makanan
 
Jika Anda masih memiliki makanan yang tersisa setelah makan, itu mungkin membuat Anda berpikir Anda sudah makan dalam jumlah yang sehat meskipun sebenarnya Anda sudah makan terlalu banyak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ini bisa membuat Anda makan lebih banyak dan berolahraga lebih lambat.
 
Jika Anda menyimpan sisa makanan, mungkin akan membantu ketika membaginya menjadi satu porsi sehingga Anda tidak makan berlebihan di lain waktu. Jangan menyimpan bom kalori seperti peanut pie atau kue kacang atau kue lainnya di dapur jika Anda tahu Anda tidak bisa menolak memakannya.
 
6. Work out
 
Setelah beberapa waktu berlalu, mulailah berkeringat: Berlari, angkat beban, main basket, tapi waktu yang terbaik adalah menunggu setidaknya tiga hingga empat jam setelah makan besar. Hal ini akan membakar beberapa kalori ekstra yang Anda dapat dari makan berlebihan.
 
Cara ini juga dapat membantu mempercepat metabolisme Anda dan mencegah sembelit. Olahraga teratur pun bisa membantu mengendalikan suasana hati dan kelaparan.
 
7. Pahami waktu tepat mencari bantuan
 
Jika Anda sering makan sampai terlalu kenyang atau bahkan sakit, Anda bisa mengalami apa yang disebut gangguan pesta makan. Anda mungkin menyembunyikannya dari orang lain, mearasa malu atau jijik setelah makan terlalu banyak.
 
Sepertinya Anda tidak bisa berhenti meskipun Anda mau. Lama-kelamaan, ini bisa sangat merugikan tubuh dan juga kesehatan mental Anda. Perawatan dapat membantu persoalan ini, maka bicarakan dengan dokter jika Anda khawatir.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif