Studi: Rutin Melihat Timbangan Efektif Kurangi Berat Badan
Studi: Rutin Melihat Timbangan Efektif Kurangi Berat Badan

Studi: Rutin Melihat Timbangan Efektif Kurangi Berat Badan

Rona tips kesehatan berat badan
Dhaifurrakhman Abas • 11 Mei 2019 13:20
Jakarta: Apakah Anda sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan? Jika benar begitu, sembari menjalankan program diet, sering-seringlah menimbang berat badan Anda.
 
Kalau perlu periksa berat badan Anda dengan timbangan setiap hari. Sebab, kebiasaan ini bisa membuat berat badan Anda merosot lebih cepat.
 
Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilakukan Fakultas Keperawatan Universitas Pittsburgh dan Fakultas Kedokteran Universitas California, San Francisco. Mereka menemukan bahwa kebiasaan rutin menimbang diri membantu mereka menurunkan berat badan lebih cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam studi ini para peneliti menguji hipotesis tersebut dengan mempelajari 1.042 orang dewasa. Partisipan diminta untuk menimbang diri mereka dalam satu tahun dengan cara mereka.
 
Hasilnya diketahui bahwa mereka yang menimbang diri hanya sekali seminggu tiga minggu tidak kehilangan berat badan sama sekali. Sebaliknya, partisipan yang memantau berat badan enam hingga tujuh kali seminggu kehilangan hampir 1,7 persen dari berat badan mereka.
 
Lantas bagaimana cara kerjanya? Logikanya sederhana. Ketika Anda tidak mengetahui berat berat badan, Anda cenderung kehilangan patokan angka yang seharusnya memotivasi Anda untuk mengurangi berat badan.
 
Sebaliknya, orang yang sering menimbang berat badan memiliki patokan yang memotivasi mereka untuk terus mengurangi berat badan mereka yang tertera pada timbangan.
 
Meski cara ini efektif menurunkan berat badan, bukan berarti Anda harus melakukannya dengan cara yang berlebihan. Apalagi sampai membuat anda stres.
 
Yang perlu diingat, program diet yang baik tidak boleh sampai menyiksa tubuh Anda. Sebab program diet yang terlalu dipaksakan justru menjadi bumerang buat Anda.
 
Untuk itu, lakukan program diet yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Misalnya dengan berolahraga dan menjaga pola makan ideal tanpa harus mengurangi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Juga, dengan menjaga pola tidur ideal selama enam sampai delapan jam setiap hari.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif