Umumnya, perubahan rambut pasca menopause dapat mempengaruhi perawatan dan kondisi rambut. (Foto: Redonline.co.uk)
Umumnya, perubahan rambut pasca menopause dapat mempengaruhi perawatan dan kondisi rambut. (Foto: Redonline.co.uk)

Bagaimana Menopause Dapat Pengaruhi Kesehatan Rambut Anda?

Rona menopause
Torie Natalova • 03 Juli 2017 06:00
medcom.id, Jakarta: Menopause seringkali dialami oleh wanita yang berusia 45 tahun ke atas. Tetapi, ada berbagai faktor yang dapat memungkinkan seorang wanita mengalami menopause sebelum usia 40 tahun ke atas.
 
Menopause dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh seperti rasa panas berlebihan, rambut rontok dan perubahan tekstur rambut yang jarang diketahui wanita.
 
Menurut Glenn Lyons, konsultan trichologi dan direktur di Philip Kingsley Clinic, menopause dapat berdampak besar pada rambut wanita. Umumnya, perubahan rambut pasca menopause dapat mempengaruhi perawatan dan kondisi rambut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagaimana Menopause Dapat Pengaruhi Kesehatan Rambut Anda?
 
Selain itu, ada juga peningkatan sementara penipisan rambut saat tubuh kembali menyesuaikan diri dengan penurunan kadar estrogen dalam tubuh wanita.
 
Wanita dengan rambut panjang akan mengalami rambut yang makin menipis sebagai efek menopause yang paling dalam. Tetapi, tidak semua wanita mengalami kondisi ini.
 
Penipisan rambut ini hanya terjadi pada folikel rambut yang ditumpuk secara genetis, dimana gen tidak terlalu dominan dan kadar estrogen telah melindungi folikel rambut selama bertahun-tahun wanita mengalami haid.
 
(Baca juga: Tiga Tahapan Menopause)
 
Anda dapat menjaga rambut selama dan setelah menopause. Salah satunya adalah mencuci rambut lebih sering. Ini karena memungkinkan kondisioner yang dipakai saat keramas dapat diterapkan secara lebih teratur.
 
Selain itu, memotong rambut juga dapat dilakukan untuk menyesuaikan dengan tekstur rambut yang baru. Mewarnai rambut yang beruban juga dapat dilakukan karena rambut putih seringkali memiliki efek penuaan yang lebih daripada penampilan atau baju.
 
Bagaimana Menopause Dapat Pengaruhi Kesehatan Rambut Anda?
 
Meskipun hormon perubahan Anda sebagian besar bertanggungjawab atas perubahan kerapatan rambut atau perawatan Anda, ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantunya. Meminimalkan tingkat stres dapat memberi efek menguntungkan pada perawatan kepala dan rambut.
 
Selain menghindari stres, olahraga teratur juga dapat membantu secara tidak langsung efek untuk rambut setelah menopause.
 

 

 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif