NEWSTICKER
Skincare tak hanya untuk wanita, tetapi juga untuk pria.(Ilustrasi/Pexels)
Skincare tak hanya untuk wanita, tetapi juga untuk pria.(Ilustrasi/Pexels)

Kesalahan Umum ketika Gunakan Skincare

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 21 Januari 2020 12:10
Jakarta: Skincare tak hanya untuk wanita, tetapi juga untuk pria. Namun, pemakaian skincare kerap kali tidak sesuai dengan harapan atau manfaat skincare tidak didapatkan dengan maksimal.
 
Salah satunya, karena adanya kesalahan ketika menggunakannya. Iritasi pada wajah akan kemerahan atau terjadi peradangan pada kulit, maka semua skincare yang dipakai tidak akan meresap dan berhasil.
 
Rangkaian skincare pun tak hanya dua macam, melainkan ada banyak. Meskipun biasanya sudah menggunakan rangkaian skincare, mulai dari sabun pencuci wajah, krim malam, kemudian sunblock. Menurut dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), kesalahan bisa saja terjadi pada pemakaian produk pertama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kesalahannya, dia pakai sunblock dan aktivitas banyak. Berkeringat, terkena air, habis wudhu tapi aktivitas di luar. Ini harus dioles lagi sunblocknya," ujar dr. Haekal di The Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat.
 
Sebab, kandungan SPF dalam skincare harus diperhatikan. Jika memakai sunblock atau sunscreen dengan SPF 30, artinya skincare tersebut hanya bisa melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari selama lima jam.
 
"Jadi sebaiknya harus dioleskan kembali setiap lima jam. Kedua, kesalahan aplikasikannya. Untuk mengoleskan skincare baik serum dan krim harus dengan gerakan halus," paparnya.
 
Kemudian, kalau bisa melakukan gerakannya dari bawah ke atas. Hal ini, kata dr. Haekal, berpengaruh pada proses penyerapan skincare ke kulit agar terjadi secara lebih maksimal.
 
Selanjutnya, pemakaian serum dengan ditepuk-tepuk, karena jika Anda menggosoknya, berisiko membuat kulit iritasi. Maka iritasi terjadi bukan dari bahan skincare, tapi karena gesekan antara jari dan kulit wajah. 
 
"Kemudian kadang-kadang lupa cuci tangan saat mencuci wajah. Banyak dari kita yang langsung saja cuci wajah padahal harus cuci tangan dulu. Ini salah," tuturnya.
 
Gunakan handuk khusus wajah karena apabila mengeringkan wajah dengan handuk yang sama untuk mengeringkan badan, bisa risiko berpindahnya kuman dari badan ke wajah. 
 
"Ketika mengeringkan wajah dengan handuk jangna digosok tapi ditepuk-tepuk saja. Pakai tisu bisa, tapi terkadang seratnya suka tertinggal. Kalau facial tissue juga boleh," pungkasnya.
 

 
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif