6 Cara Mencegah Menopause Sebelum Usia 40 Tahun (Foto: gettyimages)
6 Cara Mencegah Menopause Sebelum Usia 40 Tahun (Foto: gettyimages)

6 Cara Mencegah Menopause di Usia Sebelum 40 Tahun

Rona menopause
Torie Natalova • 06 Mei 2017 14:06
medcom.id, Jakarta: Menopause dini dapat terjadi jauh sebelum seorang wanita mencapai usia 50 tahun. Satu persen wanita dapat mengalami perubahan hormon yang datang lebih awal sebelum usia 40 tahun.
 
Menopause dini merupakan kegagalan ovarium prematur atau ketidakcukupan dan ini ditandai dengan serangan panas, berkeringat di malam hari, masalah tidur, masalah seksual, kekeringan vagina, rasa sakit saat berhubungan seks, kelainan dasar panggul, kehilangan massa tulang dan perubahan suasana hati.
 
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunda atau membantu mengurangi gejala menopause dini seperti yang para ahli sarankan berikut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Kenali faktor risiko Anda
Setiap wanita pasti mengalami menopause, tapi transisi hormonal yang tepat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk predisposisi genetik atau riwayat keluarga. Selain itu, kelainan kromosom, tubuh yang terlalu kurus atau gemuk, riwayat merokok yang panjang, kemoterapi atau terapi radiasi, penyakit autoimun atau epilepsi bisa memicu menopause dini.
 
2. Olahraga yang tidak berlebihan
Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu menunda perimenopause karena aktivitas membantu mengatur hormon dan mempertahankan tingkat normal lemak tubuh. Namun, tidak disarankan terlalu berlebihan olahraga karena dapat menciptakan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan ovulasi tidak teratur. Salah satu cirinya adalah jika Anda berhenti haid satu atau dua bulan meski berat badan stabil, saatnya menemui dokter Anda.
 
3. Berhenti merokok
Merokok adalah salah satu hal yang memicu menopause dini. Bahan kimia dalam rokok seperti nikotin, sianida dan karbon monoksida dapat mempercepat tingkat kehilangan sel telur. Sayangnya, begitu telur mati, mereka tidak bisa diregenerasi atau diganti.
 
4. Hindari racun lingkungan
Dalam penelitian sebelumnya, menopause dini mungkin sebagian dipicu atau diperburuk oleh bahan kimia di lingkungan yang disebut pengganggu endokrin. Ini dapat menganggu kemampuan tubuh untuk mengatur hormon dan sering ditemukan pada plastik yang digunakan dalam kosmetik, barang rumah tangga bahkan wadah makanan.
 
5. Pertahankan berat badan sehat
Estrogen disimpan dalam jaringan lemak sehingga kelebihan berat badan merupakan penyebab utama kelebihan estrogen wanita dan dapat menyebabkan kegagaln ovarium. Olahraga, makan makanan sehat, cukup tidur dan mengelola tingkat stres dapat membantu menjaga berat badan stabil.
 
6. Terapi hormon
Begitu kegagalan ovarium prematur telah dimulai, sulit untuk dihentikan. Tetapi, ada satu senjata besar yang dapat mengatasinya yaitu dengan terapi penggantian hormon. Biasanya terapi ini tidak direkomendasikan sebagai solusi pertama karena kekhawatiran akan kanker payudara, penyakit kardiovaskular dan stroke.
 
 
 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif