Lima Manfaat Yoga bagi Kesehatan Jantung

Sri Yanti Nainggolan 22 Juni 2018 18:59 WIB
kesehatanyoga
Lima Manfaat Yoga bagi Kesehatan Jantung
Yoga adalah bentuk latihan yang baik dalam membakar kalori, meningkatkan fleksibilitas sendi dan kekuatan otot inti. (Foto: Patrick Hendry/Unsplash.com)
Jakarta: Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari yoga termasuk kesehatan jantung. Yoga adalah aktivitas tubuh-pikiran yang membantu dalam fleksibilitas, penguatan otot, keseimbangan, relaksasi dan konsentrasi. 

Berikut ini adalah manfaat yoga bagi kesehatan jantung, seperti dilansir The Health Site. 

1. Menurunkan stres
Stres menyebabkan peningkatan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin sehingga meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Stres merupakan faktor risiko untuk penyakit arteri koroner, hipertensi, aritmia, gagal jantung, dan lain-lain. 


Meditasi dan olahraga pernapasan dapat membantu menenangkan tubuh serta menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, yang mengurangi risiko berbagai penyakit jantung.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Yoga teratur membantu menurunkan jumlah kolesterol darah dan gula darah. Beberapa pose yoga bahkan dapat mengurangi lemak perut dan lingkar pinggang. Hal tersebut memberi dampak positif pada jantung secara keseluruhan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tiga selama tiga bulan dapat menurunkan lingkar pinggang dan tekanan darah pada orang berusia paruh baya. 

(Baca juga: Meredam Keinginan Makan Menggunakan Teknik Pernapasan Yoga)


(Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat kesehatan yang luar biasa dari yoga termasuk kesehatan jantung. Yoga adalah aktivitas tubuh-pikiran yang membantu dalam fleksibilitas, penguatan otot, keseimbangan, relaksasi dan konsentrasi. Foto: Artem Bali/Unsplash.com)

3. Meningkatkan fleksibilitas
Yoga adalah bentuk latihan yang baik dalam membakar kalori, meningkatkan fleksibilitas sendi dan kekuatan otot inti. Dengan demikian, seseorang dapat melakukan olahraga aerobik dengan maksimal seperti jogging, berlari, berenang, bersepeda, dan lain-lain. Latihan aerobik baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

4. Membantu berhenti merokok
Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Perokok yang berlatih yoga secara teratur cenderung berhenti merokok karena olahraga tersebut menyebabkan penurunan stres sehingga mengurangi dorongan untuk merokok. 

5. Membantu dalam rehabilitasi jantung
Orang-orang yang telah menghadapi kondisi jantung seperti serangan jantung, aritmia, hipertensi, gagal jantung atau orang-orang yang telah menjalani operasi bypass atau angioplasty menghadapi banyak tekanan emosional dan fisik. 

Yoga adalah cara efektif untuk mengurangi stres dan perlahan-lahan membawa pasien ini ke berbagai program rehabilitasi jantung. Bahkan yoga juga secara luas dipraktikkan selama rehabilitasi jantung.

Yoga dapat dilakukan dua atau tiga kali seminggu selama 30 hingga 45 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan jantung yang baik. Untuk pasien dengan kondisi jantung, sangat ideal untuk berlatih yoga dengan bantuan profesional.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id