Menurut ahli saraf David A. Merrill, kemungkinan kematian karena demensia disebabkan kombinasi faktor. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Menurut ahli saraf David A. Merrill, kemungkinan kematian karena demensia disebabkan kombinasi faktor. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Demensia, Penyakit Menyerang Ingatan yang Mematikan

Rona demensia
Torie Natalova • 21 Maret 2019 08:33
Mengapa demensia dapat sebabkan kematian? Menurut ahli saraf David A. Merrill, kemungkinan kematian karena demensia disebabkan kombinasi faktor. Ketika demensia menjadi lanjut, jaringan otak seseorang menyusut dan mereka tidak dapat merawat diri sendiri atau bahkan berkomunikasi. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan banyak komplikasi mematikan dari demensia.
 

 
Jakarta:
Demensia merupakan salah satu penyakit mengerikan yang menyerang ingatan seseorang. Tak hanya mengerikan, laporan yang dirilis National Center for Health Statistic menemukan bahwa tingkat orang yang meninggal akibat demensia, terutama di Amerika, meningkat dua kali lipat dalam waktu kurang dari dua dekade.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyakit Alzheimer, yang merupakan bentuk paling umum dari demensia, merupakan penyebab kematian akibat demensia pada tahun 2017.
 
Demensia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok kondisi yang memengaruhi pemikiran, ingatan dan perilaku yang cukup mengganggu kehidupan seseorang. Kondisi tersebut termasuk penyakit Alzheimer, Lewy body dementia, gangguan frontotemporal dan demensia vaskular.
 
Mengapa demensia dapat sebabkan kematian? Menurut ahli saraf David A. Merrill, kemungkinan kematian karena demensia disebabkan kombinasi faktor. Usia merupakan faktor risiko terbesar untuk demensia. 
 
Ketika demensia menjadi lanjut, jaringan otak seseorang menyusut dan mereka tidak dapat merawat diri sendiri atau bahkan berkomunikasi. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan banyak komplikasi mematikan dari demensia.
 
(Baca juga: Orang dengan Penyakit Gusi Lebih Berisiko Mengidap Demensia)
 
Demensia, Penyakit Menyerang Ingatan yang Mematikan
(Penyakit Alzheimer, yang merupakan bentuk paling umum dari demensia, merupakan penyebab kematian akibat demensia pada tahun 2017. Foto: Pexels.com)

1. Infeksi

Banyak penderita demensia mengalami masalah makan seperti kesulitan menelan. Ketika seseorang tidak dapat menelan dengan benar, makanan atau minuman dapat berakhir di paru-paru yang dapat sebabkan pneumonia. 
 
Ketika pneumonia tidak diobati, ini dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh dan berpotensi memicu sepsis, reaksi sistem kekebalan tubuh yang parah dan mematikan.

2. Penyakit yang tidak terdeteksi cepat

Penyakit serius lainnya seperti flu juga dapat menyebabkan kematian pada pasien demensia jika menjadi parah. Orang dengan demensia lanjut tidak dapat mengekspresikan melalui bahasa bahwa mereka merasakan sakit sehingga terdeteksi penyakit selanjutnya. Ketika akhirnya terdeteksi, penyakit itu mungkin sudah berkembang menjadi lebih parah.

3. Jatuh

Jatuh juga bisa menjadi penyebab kematian terkait demensia. Orang dengan demensia cenderung kehilangan wawasan tentang keterbatasan mereka, misalnya lupa bahwa mereka tidak dapat berjalan tanpa bantuan. 
 
Kondisi ini akan membuat mereka jatuh saat berjalan. Faktanya, jatuh adalah penyebab utama kematian akibat cedera yang tidak disengaja pada orang berusia 65 tahun atau lebih.
 

Tanda-tanda demensia

Seiring bertambahnya usia, sebagian besar orang akan mengalami beberapa perubahan dalam ingatan mereka seperti melupakan nama-nama kenalan atau lupa mengapa Anda pergi ke dapur. Jika ingatan putus-putus itu sering terjadi, bisa jadi itu tanda awal demensia.
 
Sebelum terlambat, Anda bisa mencegah atau menurunkan risiko demensia dengan cara olahraga teratur, tetap bersosialisasi, makan makanan sehat seperti diet MIND yang fokus pada konsumsi sayuran hijau, biji-bijian, dan ikan, tetap jaga agar otak terus terstimulasi, tidur teratur dan mengelola stres.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif