Dengan bermain, anak bisa melatih motorik mereka. (Foto Ilustrasi-Freepik)
Dengan bermain, anak bisa melatih motorik mereka. (Foto Ilustrasi-Freepik)

4 Manfaat Bermain untuk Anak-anak

Rona hari anak nasional tumbuh kembang anak
A. Firdaus • 22 Juli 2020 18:24
Jakarta: Bagi Anda yang menganggap anak-anak yang bermain hanya buang-buang waktu, sebaiknya anggapan itu diempaskan. Sebab, dari aktivitas mereka bermain, ternyata banyak manfaat yang akan mereka dapatkan.
 
Psikolog dan Ketua IPK, Anna Surti Ariani, mengaku masih mendengar keluhan dari para orang tua yang menganggap, bermain itu hanya buang-buang waktu.
 
"Padahal dari begitu dan nasihat dari para ahli, ternyata main itu bisa memberikan begitu banyak manfaat. Bahkan yang tidak diajarkan di sekolah saat anak mengejar nilai akademis mereka," terang Psikolog yang akrab disapa Nina itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut manfaat dari anak-anak bermain:

1. Perkaya wawasan

Dengan anak bermain, mereka bisa memperkaya wawasan tentang mencari solusi atau memecahkan masalah. Mereka jadi memiliki ide-ide untuk mengatasi masalah.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Dengan bermain, anak bisa meningkatkan keberhasilan. Dengan begitu bakal berujung pada peningkatan kepercayaan diri mereka.

3. Mengisi waktu luang

Ketika anak sudah mengerjakan tugas sekolah, tentu bermain menjadi pilihan tepat. Untuk itu bermain juga bisa mengisi waktu luang mereka.

4. Melatih motorik

Dengan bermain, anak bisa melatih motorik. Baik motorik kasar atau motorik halus. Serta melatih hubungan sosial dengan teman sebaya mereka.
 
"Motorik kasar berkaitan dengan kaki mereka. Seperti bermain bola. Sementara motorik halus fokus pada tangan mereka, seperti bermain manik-manik," terang Nina saat web seminar #MainYuk dari rumah bareng Paddle Pop, Rabu 22 Juli 2020.
 

(FIR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif