Bersosialisasi dengan bayi lainnya sebelum usia 2 tahun kemungkinan besar tidak akan memiliki dampak yang signifikan.. (Ilustrasi/Pexels)
Bersosialisasi dengan bayi lainnya sebelum usia 2 tahun kemungkinan besar tidak akan memiliki dampak yang signifikan.. (Ilustrasi/Pexels)

Apakah Bayi Perlu Bersosialisasi dengan Bayi Lainnya?

Rona bayi
Raka Lestari • 05 September 2020 11:04
Jakarta: Bersosialisasi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Bersosialisasi juga memiliki manfaat dalam membantu perkembangan seorang individu. Lalu, apakah bersosialisasi sudah bisa dilakukan dimulai sejak seseorang masih bayi?
 
“Dari sekian banyak pencapaian yang akan diraih oleh bayi pada usia satu atau dua tahun pertama kehidupannya, bersosialisasi dengan teman sebaya merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan oleh orang tua selama bayi mendapat perhatian dan interaksi dari orang tuanya,” ujar Dyan Hes, M.D., seorang dokter anak di New York, seperti dilansir Romper.
 
Ia juga menambahkan bahwa bersosialisasi dengan bayi lainnya sebelum usia 2 tahun kemungkinan besar tidak akan memiliki dampak yang signifikan. “Alasannya karena pada dua tahun pertama, bayi lebih fokus untuk bermain sendiri. Mereka baru bisa menikmati bermain dengan anak-anak lain pada usia 18 bulan,” kata Hes. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun demikian, bermain dengan bayi lainnya sekalipun belum berusia dua tahun tetap bisa dilakukan. "Bayi belajar banyak dari teman sebayanya secara sosial, perilaku, dan dari perspektif perkembangan," kata dokter anak Whitney Casares, M.D., M.P.H.
 
"Seorang bayi juga mengembangkan pemahaman tentang bagaimana tindakan dan reaksinya berdampak pada orang lain saat mereka bermain bersama,” kata Casares.
 
"Saat dia mengambil mainan anak lain dan anak itu menangis, umpan balik sosial yang dia terima memengaruhi cara dia berinteraksi dengan anak lain di kemudian hari."
 
Jika Anda tidak terlalu terburu-buru untuk mengatur cara bersosialisasi bayi Anda, maka Anda bisa dengan mudah mendorong perkembangan bayi Anda di rumah. Dr. Casares menjelaskan, orang tua dapat mengoptimalkan perkembangan anak mereka dengan menghabiskan waktu tanpa gangguan dengan bermain dan berinteraksi dengan mereka.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif