NEWSTICKER
Tanaman hias dapat menghadirkan kehidupan dan keindahan dalam ruangan. (Ilustrasi/Pexels)
Tanaman hias dapat menghadirkan kehidupan dan keindahan dalam ruangan. (Ilustrasi/Pexels)

5 Tanaman Hias Terrarium Cantik dalam Ruangan

Rona tanaman
Anda Nurlaila • 13 Februari 2020 09:06
Jakarta: Tanaman hias dapat menghadirkan kehidupan dan keindahan dalam ruangan. Saat memilih tanaman hias baru untuk ditempatkan dalam ruangan, pertimbangkan jenis perawatan, warna, dan aroma yang menyertai tanaman yang Anda pilih.
 
Seperti dikutip dari Better Homes and Gardens, terrarium pertama kali dikembangkan pada 1942 dan saat ini kembali populer. TSelain mudah ditanam dan dipelihara, terrarium ramah anggaran. 
 
"Anda dapat melakukannya dengan anak-anak atau dengan orang yang sudah tua," kata penulis The New Terrarium Tovah Martin. Untuk terarium yang tahan lama, hindari menggunakan sukulen dan kaktus, karena dapat membusuk hanya dalam beberapa minggu. Berikut lima tanaman terbaik untuk  tanaman dalam ruangan Anda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fittonia atau Nerve plant 
 
Ubah terarium dengan tanaman bermotif khas merah anggur dan hijau ini. Tanaman Ini tumbuh subur di bawah udara terarium yang lembab dan hangat dan hanya akan mencapai 12 inci ketika sepenuhnya matang. Untuk menanam Fittonia, mulai dengan sekitar 2 inci atau 5 sentimeter lapisan campuran kerikil dan satu sendok makan arang. Arang berfungsi sebagai penyaring tanaman dan membantu menghilangkan racun dan bau. 
 
Nama: Fittonia verschaffeltii var. argyroneura
Ukuran: Tinggi dan lebar 12 inci
 
Bromelia atau Bintang laut
 
Salah satu tanaman terarium favorit Martin adalah Cryptanthus bivittatus bentuk bintang, juga disebut tanaman bintang laut, anggota keluarga bromelia. Daunnya berbentuk tali hampir tampak bercahaya dengan garis-garis warna-warni, mulai dari merah, putih, dan hijau tua. 
 
Warna daun tanaman bintang laut berubah sesuai intensitas cahaya, dan sifatnya tumbuh lambat membuatnya cocok untuk terarium. Gunakan campuran kerikil 3/8 inci, arang hortikulturan dan pot tanah untuk tempat tumbuh bromelia. 
 
Aquamarine
 
Saat melihat dari dekat tanaman ini memiliki bintik-bintik variegasi kecil di atas daun bundar berwarna biru sehingga sering disebut tanaman Aquamarine. Tanaman terarium tumbuh padat, lambat dan dapat dijadikan dasar yang baik untuk tanaman lainnya di terarium. Tanaman ini dapat ditanam dapat pot gantung yang mempercantik teras. 
 
Nama: Pilea glauca 'Aquamarine'
Ukuran: Tinggi dan lebar 12 inci
 
Variegata
 
Warna  hijau mendominasi tanaman ini. Tetapi bentuk dan tektur serta kerutan pada daun Variegata sangat menarik jika dipasangkan dengan tanaman lain yang berwarna kontras. Tanaman ini tingginya sekitar 6 inci dan menyukai kondisi terarium tertutup yang rendah namun teratur dan ringan. Isi terarium dengan 2-3 inci tanah, lalu tanam Variegata. Hindari kain landscape  agar terlihat lebih alami. 
 
Nama: Peperomia caperata 'Variegata'
Ukuran: Tinggi dan lebar 6 inci
 
Strawberry begonia
 
Batang dan bunga vertikal berwarna merah burgundi adalah keistimewaan Saxifraga stolonifera, julukan strawberry begonia. Tanaman yang masa matangnya hanya mencapai ketinggian 8 inci dan harus sesuai dengan sebagian besar terarium. 
 
Bahkan ketika bunga kecilnya tidak mekar, dedaunan berbentuk hati menawarkan pola dua warna hijau dan merah tua. Untuk memperbanyak tanaman atau membuat terarium lain cukup potong salah satu batang dan tempatkan dalam pot baru. Tanaman ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun. 
 
Nama: Saxifraga stolonifera
Ukuran: Tinggi 8 inci dan lebar 6 inci
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif