Tips Menangani Tantrum Si Kecil
Tips Menangani Tantrum Si Kecil (Foto: gettyimages)
Jakarta: Tak sedikit orang tua yang pusing menghadapi si kecil saat tantrum. Aideen McCartney, terapis bermain dan pelatih pengasuhan, memberikan beberapa langkah mengatasi tantrum.

Menurutnya, tantrum bisa terjadi tanpa diduga dan umumnya saat orang tua melarang anak melakukan sesuatu. Berikut cara menghentikan masalah tersebut menurut McCartney, seperti dilansir Metro.co.uk.

1. Tetap tenang
Pastikan diri Anda tenang saat menghadapi si kecil yang tantrum. Salah satu cara tercepat adalah dengan tarik napas dalam-dalam sebelum Anda menenangkan anak selanjutnya.


2. Buat hubungan emosional dengan anak
Cobalah lakukan hubungan emosional dengan anak, misalnya dengan mensejajarkan diri dengan anak (jongkok atau berlutut) dan lakukan kontak mata. Kemudian berbicaralah dengan lembut ke si kecil.

3. Berempati dengan anak
Berbicaralah pada anak dengan pelan-pelan agar memahami alasan anak tantrum. Cobalah mengerti apa yang sebenarnya ingin mereka sampaikan dengan sabar.

4. Berikan pelukan
Ketika anak bingung mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya, cukup berikan pelukan agar mereka merasa lebih baik.

5. Ajak bicara ketika sudah tenang
Ketika anak sudah tenang, bicarakan apa yang anak rasakan saat mengalami tantrum dan apa pemicunya. Setelah itu, bicarakan tentang konsekuensi dari perilaku yang ia perbuat agar ia tidak mengulanginya.


 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id