Dengan persiapan dan pengenalan pada sekolah, bisa meninggalkan anak rasa aman, positif dan menyenangkan saat si kecil bersekolah untuk pertama kalinya. (Foto: Novak Djokovic Foundation)
Dengan persiapan dan pengenalan pada sekolah, bisa meninggalkan anak rasa aman, positif dan menyenangkan saat si kecil bersekolah untuk pertama kalinya. (Foto: Novak Djokovic Foundation)

Persiapan Anak di Hari Pertama Sekolah

Rona pendidikan anak
Yatin Suleha • 06 Juli 2017 16:10
medcom.id, Jakarta: Persiapan buku, tas, sepatu, dan baju sudah lengkap untuk si kecil bersekolah. Namun, apakah persiapan mental Anda serta si kecil sudah pula dipersiapkan? Lalu persiapan apa lagi yang perlu Anda lakukan?
 
Astrid Wen, psikolog anak dan remaja dari Theraplay Indonesia mengatakan bahwa mental orangtua adalah yang utama dipersiapkan menjelang si kecil masuk sekolah pertama kali. 
 
"Mental kita dulu sebagai orangtua yang dipersiapkan. Kita siap berpisah dengan anak dan tidak perlu terlalu cemas, tenang, serta dibawa positif-bahwa nanti Senin anak akan sekolah," ucap psikolog cantik ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Astrid juga menambahkan selanjutnya setelah mental orangtua sudah tenang, barulah persiapan fisik lainnya dilakukan. 
 
Persiapan Anak di Hari Pertama Sekolah
 
"Baru setelah mental orangtua tenang, persiapan lainnya bisa dilakukan. Misalnya anak sudah tahu sekolahnya di mana, playdate dengan temannya, bertemu dengan gurunya, baru nanti di hari H-nya persiapan tidurnya cukup, makan, persiapan peralatan sekolah dan juga jangan terlambat," ucap Astrid.
 
"Usahakan untuk tiba 10-15 menit sebelum jam masuk sekolah sehingga anak juga bisa tenang," papar Astrid.
 
Senada dengan Astrid, Siska Yudhistira Massardi, selaku Trainer Metode Sentra Sekolah Batutis Al Ilmi mengatakan bahwa mental orangtua serta anak menjadi hal yang penting. 
 
(Baca juga: Pentingnya Mengantar Anak pada Hari Pertama Sekolah)
 
"Orangtua penting memberi pijakan pada anak. Kalau di sekolah kami biasanya ada masa transisi dimana anak mengenal dulu di mana sekolahnya sebelum masuk."
 
Jika si kecil menangis saat hari pertama sekolah?
 
"Itu tidak apa-apa. Menangis pada anak memang karena memasuki lingkungan yang baru. Sebagian pada anak-anak yang punya kecemasan yang besar dia merasa takut, merasa tidak aman," ujar Astrid. 
 
Astrid berpesan bahwa penting untuk orangtua yang anaknya baru pertama kali masuk sekolah untuk menurunkan tekanan pada anak. 
 
Namun Astrid menegaskan bahwa orangtua di sini juga perlu yakin bahwa si kecil mampu dalam menghadapi tantangan ini. "Selain itu, orangtua juga percaya bahwa guru juga mampu untuk membuat lingkungan yang aman. Dengan begitu, orangtua merasa tenang ketika berpisah dengan anak." 
 
Persiapan Anak di Hari Pertama Sekolah
 
Siska menambahkan bahwa dalam masa awal sekolah ada transisi yang bisa memakan satu sampai dua minggu. "Untuk anak-anak itu ada masa transisi 1-3 hari, orangtua bisa menunggu di kelas, lalu di luar kelas. Nah, kalau anaknya sudah siap ditinggalkan, ibu atau bapak yang menunggu bisa meninggalkan anak dengan izin pada anak dan guru."
 
Dengan persiapan dan pengenalan pada sekolah termasuk mengetahui lokasi kamar mandi, bertemu dengan teman-teman dan guru, bisa meninggalkan anak rasa aman, positif, dan menyenangkan saat si kecil bersekolah untuk pertama kalinya.
 

 

 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif