Kemarahan bisa muncul karena Anda merasa tidak berdaya. Perasaan ini bisa muncul bila Anda ada masalah kesehatan,  dilukai  dalam hubungan yang kasar, atau bahkan hanya merasa terjebak. (Ilustrasi/Pexels)
Kemarahan bisa muncul karena Anda merasa tidak berdaya. Perasaan ini bisa muncul bila Anda ada masalah kesehatan, dilukai dalam hubungan yang kasar, atau bahkan hanya merasa terjebak. (Ilustrasi/Pexels)

5 Alasan Mengapa Orang Mudah Kesal

Rona psikologi
Kumara Anggita • 12 Februari 2020 13:12
Jakarta: Kesal adalah perasaan yang wajar ketika Anda merasa tidak nyaman dalam suatu situasi. Namun yang bikin frustasi adalah ketika rasa kesal itu kerap kali muncul dalam setiap gerakan orang lain, bahkan ketika itu adalah masalah yang sepela.
 
Bila hal ini terjadi pada Anda, sesungguhnya perasaan negatif itu muncul karena Anda menyimpan kemarahan lain yang tak tersalur. Hal-hal apa saja yang mendorong Anda berperilaku seperti ini?
 
Berikut lima alasan mengapa Anda akhir-akhir ini kesal yang dilansir dari Better Help

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepedulian
 
Kepedulian Anda terhadap diri sendiri atau orang lain yang Anda cinta buat emosi Anda jadi berantakan. Untuk itu, Anda harus tahu darimana sumbernya. Tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda merasa takut. Coba tuliskan kekhawatiran Anda. Apakah ada langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasinya? Setelah Anda menghadapinya, Anda akan merasa bangga dan perasaan marah itu pun sedikit demi sedikit memudar.
 
Rasa tak berdaya
 
Kemarahan bisa muncul karena Anda merasa tidak berdaya. Perasaan ini bisa muncul bila Anda ada masalah kesehatan,  dilukai  dalam hubungan yang kasar, atau bahkan hanya merasa terjebak. Setiap kali Anda merasa tidak berdaya, ingatkan diri Anda bahwa "Saya bertanggung jawab atas hidup saya sendiri. Saya layak dihargai. kemampuan saya telah membawa saya ke sini hari ini, dan saya dapat menggunakannya untuk menghadapi ini situasi negatif dengan cara yang sehat. Saya akan pergi untuk menenangkan diri, dan kemudian saya akan kembali ke situasi ini dengan kepala jernih”.
 
Cemas
 
Walaupun  kecemasan dan kemarahan mungkin tampak seperti dua masalah kesehatan mental yang berbeda, sesungguhnya dua hal ini saling terkait.
 
Mereka yang cemas sering merasa kewalahan dan mengalami reaksi emosional yang tidak terkendali. Ketika dihadapkan pada keadaan yang menantang, orang dengan kecemasan mungkin mencoba untuk mengungkapkan stres dan frustrasi mereka melalui kemarahan. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan  mencari bantuan profesional, terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan, mengurangi stres dalam hidup Anda, memelihara hewan peliharaan, meditasi. Cocokan dengan apa yang menyenangkan Anda.
 
Masa lalu
 
Pengalaman traumatis atau menyakitkan dapat memiliki efek yang lama pada hidup Anda bahkan jika Anda berpikir bahwa Anda sudah merelakannya. Kenangan trauma masa lalu dapat memicu kecemasan, frustrasi, dan bahkan ledakan kemarahan. Untuk menyelesaikan trauma masa lalu dengan benar, selalu merupakan ide yang baik untuk mencari bantuan seorang profesional. 
 
Berduka
 
Berduka bisa muncul dari berbagai hal seperti  kematian teman, orang yang dicintai, pasangan, anggota keluarga, atau bahkan binatang peliharaan. Kesedihan juga dapat disebabkan oleh kesulitan lain termasuk kekecewaan di tempat kerja, pada diri sendiri, kehilangan pekerjaan, cedera fisik, dan lain-lain.
 
Saat Anda diliputi momen duka, Anda jadi mudah marah. Orang-orang yang berduka sering kali frustrasi oleh kekejaman dan ketidakadilan dunia, marah karena masa depan yang mereka bayangkan tidak lagi mungkin terjadi, dan kecewa dengan orang-orang yang tidak mampu memahami dan bersimpati dengan penderitaan mereka. Saat ini terjadi, bersikaplah lembut terhadap diri sendiri. Biarkan diri Anda merasakan kesedihan, sehingga Anda dapat memulai proses penyembuhan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif