Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Cara Jitu Membantu si Kecil Mengerjakan PR tanpa Stres

Rona psikologi anak
Anda Nurlaila • 12 September 2019 08:04
Jakarta: Salah satu aktivitas harian yang menyita perhatian anak usia sekolah dasar adalah pekerjaan rumah. Tanpa pengaturan yang sesuai, PR akan membebani anak dan dapat menimbulkan stres
 
Sebagai orang tua, Anda perlu memahami cara-cara terbaik membantu si kecil menuntaskan PR. Mulai dari tempat, waktu hingga cara penyelesaian atau saat anak mengalami kesulitan. Seperti dikutip dari WebMD, berikut cara membantu si kecil mengerjakan PR.  
 
Tempat terbaik mengerjakan PR

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di mana pun anak merasa paling nyaman, terutama jika dia memiliki beberapa PR. Sebagian anak nyaman mengerjakan di meja belajar mereka, sementara lainnya lebih baik mengerjakan di meja dapur. Di mana pun anak mengerjakan PR, pastikan sesuaikan kondisnya seperti bebas dari televisi, telepon atau dari saudaranya yang bermain.
 
Orang tua harus mengecek PR?
 
Guru memberikan pekerjaan rumah karena berbagai alasan, terutama di kelas awal. Sebagian melakukannya terutama untuk melacak kemajuan belajar anak dan ingin melihat kemampuan anak termasuk kesalahan mereka. Pada anak yang lebih besar, pekerjaan rumah untuk berlatih dan memperkuat keterampilan. Untuk ini, orang tua dapat mengulas atau memberi saran perbaikan.
 
Waktu ideal mengerjakan PR
 
Semua anak berbeda namun umumnya anak lebih berkonsentrasi mengerjakan PR saat tidak lapar di sore hari. Disarankan anak makan kudapan sebelum menyelesaikan pekerjaan rumah. Jadwalkan belajar secara rutin dan lakukan terus menerus.
 
Mengerjakan PR di waktu yang sama
 
Konsistensi penting untuk kesuksesan pekerjaan rumah, tapi tidak berarti anak harus duduk di waktu yang sama setiap malam. Merutinkan belajar dan mengerjakan PR dapat Anda buat fleksibel. Seperti katakan pada anak, "Setelah bermain, Anda harus mengerjakan PR". Atau "pekerjaan rumah harus diselesaikan sebelum jam makan malam."
 
Saat anak kesulitan menyelesaikan PR
 
Normal saat anak membutuhkan bimbingan orang tua saat memulai menyelesaikan pekerjaan rumah, bertanya tentang atau untuk mengajukan pertanyaan tentang konsep yang menantang. Bila anak mengalami kesulitan, bicarakan dengan guru tentang kesulitan yang dialami anak. Cari tahu apa yang harus dilakukan di rumah.
 
Lama waktu siswa kelas 1 mengerjakan PR
 
Untuk anak-anak kelas 1 dan 2 sekolah dasar, sebagian besar ahli mengatakan paling baik mengerjakan PR selama 10-20 menit. Ini membantu memperkuat apa yang mereka pelajari di kelas tanpa membuat mereka kewalahan.
 
Manfaat mengerjakan PR
 
Penelitian menunjukkan pekerjaan rumah adalah bagian penting dari pembelajaran untuk semua anak. Bila anak tidak merespon, bisa jadi cara mengerjakannya salah. Misal, pekerjaan rumah untuk anak kecil harus pendek, dan kadang-kadang perlu melibatkan kegiatan yang mereka sukai.  Jika PR tidak sesuai usia anak atau terlalu banyak, pekerjaan rumah bisa membuat frustasi. Bicaralah dengan gurunya untuk meminta nasihat.
 
PR anak saat ini lebih banyak daripada 20-30 tahun lalu
 
Lebih daripada yang  terlihat, anak-anak sekarang memiliki PR dengan jumlah yang sama dengan generasi sebelumnya. Dalam kebanyakan kasus, anak-anak tidak terlalu terbebani dengan pekerjaan rumah. Bahkan, anak menghabiskan lebih banyak waktu melakukan kegiatan lain termasuk bermain, berbelanja, dan membantu di sekitar rumah.
 
Anak kecil perlu tidak menggunakan komputer untuk PR
 
Kebijakan guru tentang penggunaan komputer untuk pekerjaan rumah bervariasi. Tanyakan kepada guru anak Anda apa yang lebih ia sukai. Beberapa guru memposting pekerjaan rumah, proyek, dan informasi tambahan untuk siswa secara dalam jaringan. Bantu anak agar terorganisir dengan PRnya.
 
Saat anak tertekan dengan PR
 
Ada banyak cara Anda dapat membantu anak mengelola pekerjaan rumahnya. Bantu anak mengatur dan mengerjakan PR. Bantu anak belajar menetapkan prioritas, mencari tahu berapa lama mengerjakannya dan menggunakan kalender.  Batasi kegiatan anak setelah pulang sekolah menjadi satu-dua kegiatan favorit agar lebih fokus pada PR. Jika anak tidak mengerti, bantu anak untuk nyaman bertanya pada guru atau minta bimbingan tambahan dari gurunya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif