Studi: Meski Orang Tua Sudah Terbuka, Remaja Masih Malu Membahas tentang Seks

Sri Yanti Nainggolan 08 Mei 2018 16:58 WIB
keluargaremaja
Studi: Meski Orang Tua Sudah Terbuka, Remaja Masih Malu Membahas tentang Seks
“Remaja dan orang dewasa muda memiliki angka terkena IMS lebih tinggi dibandingkan semua usia lainnya digabungkan,” kata Kari Schneider, salah satu penulis studi. (Foto: Seth Doyle/Unsplash.com)
Jakarta: Sebuah survei menemukan bahwa 90 persen orang tua mengaku telah melakukan pembicaraan tentang seks pada anak remaja mereka. Sayangnya, hanya 39 persen remaja yang melaporkan hal serupa. 

Sebuah studio yang dilakukan oleh Pediatric Academic Societies melaporkan bahwa kurang dari setengah remaja (45 persen) mengaku tak ditanyakan secara rutin oleh penyedia layanan kesehatan sepeti dokter atau balai kesehatan masyarakat. Dan hanya 13 persen yang ditawarkan untuk melakukan skrining Infeksi Menular Seksual (IMS). 

Survei tersebut bertujuan untuk melihat apakah remaja mendiskusikan perihal seks dengan orang tua dan tenaga medis, serta frekuensi dalam mendapatkan skrining IMS. 


(Baca juga: Kurang Tidur Timbulkan Masalah Perilaku pada Remaja)

(Sebuah survei menemukan bahwa 90 persen orang tua mengaku telah melakukan pembicaraan tentang seks pada anak remaja mereka. Sayangnya, hanya 39 persen remaja yang melaporkan hal serupa. Foto: Anna Vander Stel/Unsplash.com)

Studi yang melibatkan 582 remaja berusia 13-17 tahun dan 516 orang tua partisipan remaja tersebut dilakukan di Minnesota State Fair 2017. 

Partisipan remaja ditanyai tentang apakah dalam setahun terakhir mereka mengunjungi penyedia layanan primer, dan ditanami seputar aktivitas seksual dan/atau ditawari untuk melakukan skrining IMS. Mereka juga ditanyai apakah pernah mendiskusikan seputar seks dengan orang tua. 

Sementara, para orang tua ditanyai apakah mereka berdiskusi soal seks dengan anak dan mengetahui apakah penyedia layanan primer juga melakukan pembicaraan serupa pada anak mereka. 

“Remaja dan orang dewasa muda memiliki angka terkena IMS lebih tinggi dibandingkan semua usia lainnya digabungkan,” kata Kari Schneider, salah satu penulis studi. Ia menekankan, dokter anak dan orang tua memainkan peran penting dalam membahas IMS dan kesehatan seputar seks pada remaja.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360