Dengan membiarkannya melakukan kesalahan, maka anak akan belajar dari kesalahan tersebut dan diharapkan tidak akan mengulanginya di kemudian hari. (Ilustrasi/Pexels)
Dengan membiarkannya melakukan kesalahan, maka anak akan belajar dari kesalahan tersebut dan diharapkan tidak akan mengulanginya di kemudian hari. (Ilustrasi/Pexels)

5 Alasan Perlunya Orang Tua Membiarkan Anak Melakukan Kesalahan

Rona perkembangan anak
Raka Lestari • 24 September 2020 11:04
Jakarta: Membiarkan anak Anda melakukan kesalahan adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan bagi orang tua. Hal itu karena dengan membiarkannya melakukan kesalahan, maka anak akan belajar dari kesalahan tersebut dan diharapkan tidak akan mengulanginya di kemudian hari.
 
Dilansir dari Romper, membiarkan anak belajar dari kesalahannya memiliki manfaat sebagai berikut:

Membuat anak menjadi mandiri

“Jika orang tua atau pengasuh membiarkan anak untuk melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahannya atau bertanggung jawab terhadap kesalahan yang mereka lakukan, itu dapat membuat anak menjadi lebih mandiri,” ujar Maureen Healy, seorang psikolog anak. Jika Anda selalu membantu mereka setiap kali anak melakukan kesalahan, maka mereka tidak akan belajar untuk mandiri.

Memupuk rasa percaya diri

“Rasa percaya diri akan datang ketika mereka juga bisa mempercayai diri mereka sendiri. Dengan melakukan kesalahan, mereka percaya bahwa dirinya dapat mengatasinya sehingga timbullah rasa percaya diri tersebut,” ujar Healy. “Anak-anak yang belajar bahwa mereka dapat mengatasi kesalahan mereka akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri,” katanya.
 


Dapat membuat hidup lebih sehat dan bahagia

“Anda tidak bisa menjadi seorang yang sukses tanpa melakukan kesalahan,” kata Healy. “Dari kesalahan yang Anda perbuat, maka akan semakin banyak pelajaran yang Anda dapatkan. Kemampuan dalam mengatasi kesalahan inilah yang akan membuat anak menjadi lebih sehat dan bahagia, serta membuat anak menjadi tidak mudah cemas di kemudian hari,” kata Healy.

Mengajarkan anak untuk menerima konsekuensi

“Membuat kesalahan terkadang menyababkan konsekuensi yang tidak menyenangkan. Dan jika hal itu bukanlah sesuatu yang besar, biarkanlah anak Anda untuk melewatinya sendiri,” kata Dr Scott Krugman, wakil ketua Departemen Pediatri di Herman & Walter Samuelson Children’s Hospital di Sinai Hospital Baltimore. “Sangat penting untuk membiarkan anak Anda untuk mengatasi konsekuensi dari kesalahannya.”

Mengajarkan anak untuk mengatasi stres dan kekecewaan

“Ketika orang tua membiarkan anaknya untuk melakukan kesalahan, mereka akan menghadapi konsekuensi alami dari situasi yang ada. Entah itu nilai yang jelek, atau perasaan kecewa. Dengan membiarkan anak menghadapi konsekuensinya, seiring berjalan waktu anak akan bisa lebih adaptif dalam mengatasi situasi tertentu dan belajar bahwa mereka bisa mengatasi stres dan rasa kecewa,” ujar Deborah Zlotnik, Ph.D., psikolog di Children’s National.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(YDH)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif