Sampai saat ini sudah ada 400 musisi jalanan yang bisa memiliki fasilitas dengan Go-Pay. (Foto: Dok. Institut Musik Jalanan/@institutmusikjalanan)
Sampai saat ini sudah ada 400 musisi jalanan yang bisa memiliki fasilitas dengan Go-Pay. (Foto: Dok. Institut Musik Jalanan/@institutmusikjalanan)

Teknologi Baru Membayar Pengamen Melalui QR Code

Rona keluarga institut musik jalanan
Raka Lestari • 06 Desember 2019 14:27
Jakarta: Bagi Anda yang ingin memberikan donasi pada musisi jalanan, dengan semakin berkembangnya teknologi bisa memberikan sumbangan kepada musisi jalanan melalui Go-Pay.
 
Menggandeng Institut Musik Jalanan (IMJ), kini Go-pay memudahkan orang jika ingin memberikan uang kepada musisi jalanan tapi sedang tidak memiliki uang tunai. Anda hanya diminta memindai kode QR dan nominal uang yang kamu berikan akan segera diterimanya.
 
Andi Malewa, penggagas dan perintis IMJ menjelaskan mengenai kolaborasinya dengan Go-Pay. “Kenapa bekerja sama dengan Go-Pay karena memang pertama kali langsung berkomunikasi dengan Go-Pay. Ini juga bisa terjadi karena inisiasi dari CEO Go-Pay sendiri yang waktu itu sedang berada di Car Free Day (CFD) lalu, ingin memberikan uang ke pengamen tetapi tidak membawa uang tunai,” tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga menambahkan bahwa IMJ dan Go-Pay sendiri memiliki kesamaan misi, di mana keduanya ingin mengangkat derajat para musisi jalanan.
 

(IMJ bekerja sama dengan Go Pay, memudahkan Anda jika ingin berdonasi tinggal scan QR Code lalu berikan donasi Anda saat IMJ manggung. Video: Dok. Institut Musik Jalanan/@institutmusikjalanan)
 
Saat ini layanan Go-Pay yang bisa memberikan sumbangan kepada musisi jalanan melalui QR – Code sudah bisa dinikmati di beberapa kota, yaitu Jakarta, Semarang, dan Bandung.
 
“Nanti di tahun 2020 kami ingin memperluas lagi di Sumatera kalau bisa sampai ujung timur Indonesia.”
 
“Kami juga melakukan kurasi terhadap musisi-musisi yang ada, agar ada standar dan memiliki kualitas yang tidak asal nyanyi saja. Sampai saat ini sudah ada 400 musisi jalanan yang bisa memiliki fasilitas dengan Go-Pay tersebut.”
 
Untuk bisa mendapat layanan itu, sang musisi diharuskan mendaftar dan menyertakan surat bebas narkoba dan persyaratan yang ditetapkan.
 
Andi juga menyebutkan, hal yang paling mendasar lainnya dari perekrutan adalah sikap dan penampilan dari para musisi jalanan.
 
"Musik bisa dilatih. Yang penting attitude dan penampilan, itu jadi standar yang kita buat. Semoga bisa buka di tempat lain. Akhirnya, ini bisa dirasakan di seluruh kota Indonesia,” tutup Andi.
 

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif