Banyak orang melampiaskan kemarahan dengan cara yang kurang tepat. (Ilustrasi/Pexels)
Banyak orang melampiaskan kemarahan dengan cara yang kurang tepat. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Cepat Meredakan Kemarahan

Rona psikologi
Raka Lestari • 25 Januari 2020 10:03
Jakarta: Kemarahan merupakan salah satu hal yang umum dialami oleh manusia. Banyak orang melampiaskan kemarahan dengan cara yang kurang tepat. Dan tentunya melepaskan amarah dengan cara yang kurang tepat bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.
 
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan kemarahan Anda secara cepat seperti berikut ini, seperti dimuat thehealthy.
 
Bernapas secara dalam-dalam 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika Anda marah, tubuh Anda menjadi tegang, kata Robert Nicholson, PhD, mantan asisten profesor kedokteran masyarakat dan keluarga di Saint Louis University di Saint Louis. Bernafas secara dalam-dalam sebanyak tiga kali dapat membantu Anda belajar cara tenang dengan menurunkan kemarahan dari dalam diri Anda.
 
Berjalan kaki 
 
“Ketika Anda merasa benar-benar marah, menjauhah dari sumber kemarahan itu,” kata Tina Tessina, PhD, seorang psikoterapis di California.
 
Berjalan kaki 5 menit di luar atau melakukan aktivitas menenangkan lainnya seperti yoga, merupakan strategi yang baik untuk mengatasi kemarahan. Jika kemarahan Anda berasal dari kemacetan yang Anda alami, nyalakan radio dan bernyanyi sekencang mungkin.
 
Melihat benda berwana abu-abu
 
Nicholson menyarankan untuk melihat benda berwarna abu-abu, bukan yang berwarna putih atau hitam. Dan juga mengakui bahwa terkadang hidup berjalan tidak sesuai keinginan Anda juga bisa menjadi cara untuk meredakan kemarahan yang Anda rasakan tersebut.
 
Tertawa
 
Saat berhadapan dengan anggota keluarga yang marah, temukan cara untuk membuat mereka tertawa. Catheleen Jordan, PhD, seorang profesor pekerjaan sosial di University of Texas di Arlington menyarankan untuk melakukan sesuatu yang dapat membuat Anda tertawat karena tertawa bisa meredakan amarah.
 
Menuliskan perasaan Anda 
 
Menuliskan apa yang Anda rasakan benar-benar dapat membantu Anda merasa lebih baik, menurut sebuah studi di UCLA.  Jadi jika Anda merasa marah dan ingin segera meredakanya, segera ambil buku catatan harian Anda kemudian tuliskan apa yang Anda rasakan atau menulis surat kepada diri sendiri agar bisa merasa lebih baik.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif