Hal yang paling penting saat memberi makan bayi adalah menjadikannya sebagai waktu menyenangkan bagi Anda dan buah hati. (Foto: Life is Fantastic/Unsplash)
Hal yang paling penting saat memberi makan bayi adalah menjadikannya sebagai waktu menyenangkan bagi Anda dan buah hati. (Foto: Life is Fantastic/Unsplash)

Menstimulasi Panca Indra Bayi selama Waktu Makan

Rona tumbuh kembang bayi
Anda Nurlaila • 18 Juli 2019 14:21
Mengenal panca indra bayi bisa dilakukan kapan saja. Tapi waktu yang paling menyenangkan adalah saat makan. Ada dua manfaat yang terkandung, selain menstimulasi panca indra mereka, perut bayi juga kenyang.
 

Jakarta: Waktu makan adalah saat yang tepat untuk mulai mengajari bayi tentang panca indra mereka. Melalui cara menyenangkan ini, Anda dapat membuat perutnya kenyang sekaligus menambah pengetahuan si kecil tentang dirinya sendiri.
 
Sebelum waktu makan, rencanakan dan siapkan makanan yang dapat membantu dan mendorong anak menggunakan panca indra mereka. Berikan makanan dengan warna, aroma, dan tekstur berbeda setiap waktu makan untuk mengaktifkan indra mereka. Melakukan berbagai aktivitas selama waktu makan selain menyenangkan juga meningkatkan kemampuan panca indra bayi.

1. Indra penglihatan

Berikan makanan dengan berbagai variasi warna. Saat bayi mulai melihat dan mengambilnya pure wortel dan sayuran, terangkan bahwa menu pure untuk sarapan pagi anak berwarna oranye dan hijau. Katakan juga bahwa bayi dapat melihat dan membedakan warna karena memiliki mata.

2. Indra pengecap

Coba berikan anak makanan yang mengandung pati seperti pisang atau bubur beras merah, untuk mengajari anak macam-macam tekstur dan rasa makanan. Pada waktu lain, berikan bayi jus jeruk atau pure buah dengan rasa dan tekstur berbeda. Tanyakan pada anak apakah ia menyukai rasa dan tekstur makanannya atau tidak.

3. Indra pendengaran

Selama waktu makan berbicaralah pada si kecil. Katakan padanya apa yang mereka makan, ceritakan kisah pendek tentang makanan yang mereka makan atau bernyanyi untuknya. Bila bayi merespons dengan celotehan, tanggapi, dan jelaskan hal-hal lain yang perlu.

5. Indra penciuman

Biarkan bayi mencium aroma makanannya sebelum mencobanya. Perhatikan reaksi si kecil dan tanyakan apakah mereka menyukai aroma makanannya. Jelaskan pada bayi tentang indra penciumannya sambil menyentuh lembut hidungnya.

6. Indra peraba

Ajak bayi bermain dengan makanannya. Minta ia menyentuh dan memegang makanan sebelum memasukkan ke dalam mulut. Katakan apa saja yang telah mereka sentuh serta tekstur makanannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal yang paling penting saat memberi makan bayi adalah menjadikannya sebagai waktu menyenangkan bagi Anda dan buah hati. Selain bayi semakin mengenali diri sendiri, waktu makan dapat melekatkan hubungan kasih sayang antara ibu dan bayi.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif