Dokter Spesialis Syaraf Anak, Herbowo Soetomenggolo. Medcom.id/Kumara Anggita
Dokter Spesialis Syaraf Anak, Herbowo Soetomenggolo. Medcom.id/Kumara Anggita

Manfaat Mendongeng Bagi Pertumbuhan Anak

Rona festival dongeng ibu dan anak
Kumara Anggita • 14 November 2019 10:07
Jakarta: Mendongeng adalah kegiatan yang menyenangkan dan memberi berbagai manfaat bagi perkembangan otak. Bahkan American Academy of Pedriatrics (AAP) 2014 menganjurkan membaca untuk anak sejak anak lahir. 
 
Mendongeng adalah salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak yang dalam masa perkembangan menjadi cerdas. Karena menurut Dokter Spesialis Syaraf Anak, Herbowo Soetomenggolo mendongeng adalah salah satu bentuk stimulasi yang merupakan salah faktor eksternal dalam tumbuh kembang anak.
 
Berikut beberapa manfaat mendongeng bagi pertumbuhan anak

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengaktifkan hampir semua fungsi otak
 
Dokter Herbowo mengungkapkan, mendengarkan dongeng tidak hanya mengaktifkan area bicara (broca dan wernicke), tetapi hampir semua fungsi otak aktif.
 
Mempererat hubungan orang tua anak
 
Mendongeng adalah bentuk dari interaksi yang mampu mempererat hubungan. Dalam kegiatan ini, bersentuhanlah dengan anak sehingga dia menjadi merasa nyaman.
 
"Penembahan sentuhan sangat berpengaruh. Sentuhan akan membantu perkembangan amigdala (bagian otak yang mengatur emosi, memori) serta mengintegrasikan otak kecil dan otak area prefrontal," jelas Dokter Herbowo.
 
Meningkatkan kemampuan literasi
 
Bila Anda sering memberikan dongeng pada anak, kemampuan dia dalam berbicara akan meningkat dengan cepat.
 
"Berhubungan dengan kemampuan literasi Area Parieto-Temporo-Oksipital kiri terbukti lebih aktif. Area ini adalah area literasi (area mengolah makna bicara). Ini berhubungan dengan kemampuan membaca dan berbicara," paparnya.
 
Meningkatkan IQ
 
Dokter herbowo mengungkapkan bahwa untuk menilai anak cerdas bukan dari cepatnya dia berjalan melainkan seberapa cepat dia berbicara. "Kalau anak bicara lebih cepat dan pandai ya ada kaitannya dengan IQ," ujarnya.
 
Stimulasi terbaik akan muncul dari dua arah. Ini artinya biarkan anak untuk ikut berbicara menyampaikan pikirannya.
 
"Dapat disimpulkan, walaupun kegiatan mendongeng termasuk mudah dilakukan, namun memiliki dampak luar biasa terhadap perkembangan otak anak," tutupnya.
 
Karena itu, dari sekarang luangkan waktu Anda untuk berdongeng. Ini adalah sebuah kegiatan yang bisa menghibur sekaligus menstimulasi kecerdasan anak.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif