Pola makan keluarga bahkan bisa memengaruhi anak. (Ilustrasi/Pexels).
Pola makan keluarga bahkan bisa memengaruhi anak. (Ilustrasi/Pexels).

Keluarga Pengaruhi Pola Makan Anak

Rona makanan sehat
Sunnaholomi Halakrispen • 06 Desember 2019 14:06
Jakarta: Makanan merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Kualitas makanan pun berkaitan erat dengan kualitas kesehatan tubuh. Keluarga bahkan bisa memengaruhi pola makan anak.
 
Sebab, keluarga menjadi institusi yang membentuk pola makan sehat. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si., selaku sosiolog, dosen, sekaligus pengamat sosial. 
 
"Kalau keluarga makanan sehat, pasti akan tersajikan di kesehariannya, itu akan membentuk pola makan sehat kepada anaknya. Akan tersosialisasi dan terinternalisasi di dalam anak," ujar Dr. Erna di Restoran Kembang Goela, Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orang tua biasanya tidak menyukai jenis makanan tertentu. Orang tua pun enggan bahkan tidak akan menyajikan makanan tersebut di meja makan. Pengaruhnya pada anak, anak akan ikut tidak terbiasa menyantapnya.
 
Maka demikian, harus diperhatikan solusi untuk membiasakan anak makan makanan sehat. Dimulai dari memperkenalkan dengan menyediakannya sebagai menu makan di rumah."Pola makan sehat atau snack sehat bentukan dari keluarga," paparnya.
 
Jangan bayangkan snack sehat memiliki rasa yang tidak enak atau terbilang aneh. Kue yang menyehatkan bisa dibuat dengan tanpa minyak atau tidak digoreng, yakni dengan dikukus, direbus, dan dipanggang.
 
Jika menginginkan snack dengan bahan-bahan tradisional dan mudah dibuat, Anda bisa memilih pisang, kentang, ubi, singkong, ketan, atau jagung. Cara mengolahnya yang paling sederhana ialah dengan dikukus atau direbus. 
 
Jika menginginkan rasa yang unik, coba variasikan dengan bahan lain, seperti susu, telur, keju, atau tepung. Pancake juga bisa dijadikan rekomendasi karena cara membuatnya tidaklah rumit dan bisa cepat disajikan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif