Perhatikan dan rawatlah barang-barang Anda usai traveling, apalagi saat musim dingin atau penghujan. (Foto: Pexels.com)
Perhatikan dan rawatlah barang-barang Anda usai traveling, apalagi saat musim dingin atau penghujan. (Foto: Pexels.com)

Tips agar Furnitur Tak Lapuk Usai Ditinggal Traveling

Rona tips rumah
Sunnaholomi Halakrispen • 26 Januari 2020 12:00
Jakarta: Berwisata atau traveling, meninggalkan rumah beserta furnitur di dalamnya. Agar tidak lapuk, perhatikan dan rawatlah barang-barang Anda usai traveling, apalagi saat musim dingin atau penghujan.
 
Salah satu peralatan rumah yang mudah rusak saat musim hujan ialah barang yang berbahan kayu. Sebab, kayu mudah lapuk jika terkena percikan hujan atau bahkan saat udara lembap.
 
Menangani permasalahan tersebut, Anda bisa mengupayakan penggunaan alat penyerap kelembapan. Hal ini agar kayu tidak semakin parah kondisi lapuknya dan bisa juga menghindari lapuk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada penyerap kelembapan air yang tinggal dicolok ke listrik karena di Indonesia kan lembap sekali. Alat itu menyerap kelembapan dan airnya bisa dibuang," ujar Merchandising General Manager ACE Hardware Indonesia Helen Widjaja.
 
Helen menjelaskan bahwa peralatan di rumah bisa lebih awet. Contohnya, barang-barang dari kulit yang juga rentan lembap dan bulukan. Kemudian, tembok dan peralatan berbahan kayu. 
 
"Ada alat dehumidifier yang tugasnya mengeringkan udara dan kelembapan udara. Bisa menyelamatkan tembok rumah, kayu-kayu, bagian wadah wastafel, atau bawah lemari yang biasanya dibuka mengeluarkan bau karena lembap," paparnya.
 
Caranya, letakan dehumidifier di sekitar peralatan yang murah lapuk atau berisiko terhadap suhu lembap. Baik dehumidifier yang menggunakan listrik maupun manual dengan bentuk powder dalam kotak. 
 
"Dehumidifier manual bisa diletakkan saja, nanti powder jadi air dan tinggal dibuang," tuturnya.
 
Alat untuk merawat kayu pun telah banyak dijual. Anda bisa memilih alat yang quick step parket laminasi untuk lantai kayu. 
 
Selain itu, keamanan juga perlu diperhatikan. Apabila liburan Anda berlangsung dalam waktu yang cukup lama, ingatlah untuk memasang kamera pengawas CCTV (Closed Circuit Television).
 
"Bisa pilih yang bisa ditaruh di meja atau dipasang di indoor maupun outdoor. Kejadian pencurian masih marak terjadi dan bisa dijaga dengan pemasangan CCTV," pungkas Helen.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif