Penggunaan obat-obatan dokter diterapkan bagi orang yang mengalami kondisi wajah rusak, berjerawat, ataupun kulit sensitif. (Ilustrasi/Pexels)
Penggunaan obat-obatan dokter diterapkan bagi orang yang mengalami kondisi wajah rusak, berjerawat, ataupun kulit sensitif. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Kombinasikan Obat Dokter dengan Skincare

Rona kecantikan
Sunnaholomi Halakrispen • 25 Januari 2020 18:04
Jakarta: Skincare merupakan produk penting dalam daftar perawatan perempuan. Meskipun sedang menggunakan obat-obatan dari dokter khusus kulit wajah, skincare tak lepas.
 
Namun, apakah mengombinasikan obat dokter dan skincare diperbolehkan? Lalu, bagaimana tips tepat penggunaan keduanya bisa maksimal secara bersamaan?
 
Penggunaan obat-obatan dokter diterapkan bagi orang yang mengalami kondisi wajah rusak, berjerawat, ataupun kulit sensitif. Menurut dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM), jangan paksakan kombinasi dengan skrincare, melainkan harus disesuaikan dengan kondisi wajah masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau jerawat biasa yang muncul saat haid saja, cukup pakai produk skincare karena sudah mengandung niacinamide. Ini bentuk aktif dari vitamin B3," ujar dr. Haekal di The Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat.
 
Ia memaparkan bahwa niacinamide alias niacinamida merupakan kandungan di dalam skincare yang memiliki banyak fungsi baik bagi kulit wajah. Beberapa di antaranya, melembapkan kulit dan menyamarkan noda hitam.
 
"Fungsinya untuk mengatasi jerawat karena bisa juga untuk mengendalikan produksi minyak berlebih di kulit wajah," paparnya.
 
Namun, apabila Anda memiliki kulit sensitif atau mudah mengalami alergi, hindari pemakaian kandungan tersebut. Sebab, berisiko menimbulkan reaksi alergi pada kukit wajah Anda.
 
"Berbeda juga kalau kasusnya pada orang usia di atas 25 atau 30 tahun untuk wanita dan masih jerawatan besar-besar, enggak hanya di muka tapi juga ada di punggung dan dada. Kalau seperti ini pengobatannya beda," jelasnya.
 
Ia menekankan, harus menjalankan pengobatan ke dokter spesialis kulit sebelum menggunakan skincare. Gunakan obat-obatan dokter secara khusus dan rutin sampai kondisi wajah membaik. Setelah itu, baru gunakan skincare kembali.
 
Begitu pula ketika kulit terasa gatal atau kemerahan, segera hentikan penggunaan skincare tersebut. Lebih baik lagi jika Anda melakukan uji atau tes alergi, dengan memakai sedikit skincare di lengan tangan dan memerhatikan reaksi yang terjadi pada keesokan harinya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif