Sama seperti naluri keibuan, versi ayah tidak selalu secara ajaib muncul segera setelah Anda hamil. (Ilustrasi/Pexels)
Sama seperti naluri keibuan, versi ayah tidak selalu secara ajaib muncul segera setelah Anda hamil. (Ilustrasi/Pexels)

7 Cara untuk Ayah Bangun Ikatan Batin dengan Bayi

Rona bayi
Timi Trieska Dara • 09 Januari 2020 10:08
Jakarta: Sama seperti naluri keibuan, versi ayah tidak selalu secara ajaib muncul segera setelah Anda hamil. Berikut strategi untuk pasangan Anda membantunya terhubung dengan bayi Anda, seperti dilansir motherandbaby:
 
1. Tingkatkan hormonnya.
 
Dorong produksi oxytocin (hormon cinta) pasangan Anda, yang membuatnya merasa terhubung dengan orang-orang di sekitarnya. "Cukup dengan membuatnya mengusap perut Anda - atau mengarahkan tangannya ketika bayi Anda bergerak atau menendang," kata Gayle Berry, pendiri perusahaan pijat bayi Blossom & Berry.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Mengobrol.
 
Berbicara dengan perut Anda meningkatkan kemampuan bayi Anda untuk mendeteksi perbedaan halus dalam suara setelah ia lahir, jadi ia akan mengenali suara-suara yang ia dengar, kata penelitian. Jika pasangan Anda merasa perlu melakukan ini, ia dapat merekam suara atau videonya di ponsel Anda, sehingga Anda dapat memainkannya saat dia tidak ada.
 
3. Letakkan pulpen pada kertas.
 
Menulis surat kepada bayinya memungkinkan dia membayangkan anaknya di masa depan dan hidupnya sebagai seorang ayah. Sampai kelahiran, sulit baginya untuk merasakan semuanya nyata. "Ini tentang menjadi peserta aktif dalam kehamilan Anda, yang akan membantunya terikat," kata psikolog Emma Kenny.
 
4. Dapatkan informasi tentang bayi
 
Jika Anda senang mengetahui jenis kelamin bayi Anda pada pemindaian 20 minggu kehamilan, minta dokter Anda untuk mengungkapkannya kepada pasangan Anda terlebih dahulu, kemudian dia dapat memberi tahu Anda. "Ini memberinya tanggung jawab yang menggetarkan untuk berbagi berita," kata Emma. "Juga, sarankan dia datang dengan nama panggilan untuk meningkatkan kegembiraan."
 
5. Bicaralah dengan ayah lainnya
 
Dirinya sendiri. Temannya. Pria IT di tempat kerja. "Mendengar apa yang penting bagi ayah lain dan berbagi cerita itu menghibur, terutama ketika pasangan Anda mulai membayangkan dirinya sebagai seorang ayah," kata Emma.
 
6. Nyalakan perut besar Anda
 
Ketika Anda berada di trimester terakhir dan bayi Anda bergerak secara teratur, merangsang responsnya dengan memainkan permainan sederhana ini ketika pasangan Anda ada di sekitar untuk menikmatinya. "Matikan lampu dan senter dengan lembut ke perut Anda, gerakkan perlahan. Beberapa bayi akan beralih ke cahaya, sementara yang lain berpaling, "kata GP Philippa Kaye, penulis Your Pregnancy Week by Week.
 
7. Lakukan sesi grup
 
Berbaring menghadap pasangan Anda dengan bayi Anda di antara Anda. "Berpelukan bersama adalah kesempatan untuk kontak kulit dengan bayi yang baru lahir, tetapi ini juga bisa membuat pasangan Anda terlibat," kata psikolog hubungan, Susan Quilliam. Namun, jangan turun dengan cara ini - The Lullaby Trust merekomendasikan bayi Anda tidur di ranjang bayi setidaknya selama 6 bulan pertama.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif