NEWSTICKER
Apakah Anda merasa bahwa Anda terus khawatir terhadap hubungan Anda walaupun  saat ini Anda dan pasangan sedang baik-baik saja. (Ilustrasi/Pexels)
Apakah Anda merasa bahwa Anda terus khawatir terhadap hubungan Anda walaupun saat ini Anda dan pasangan sedang baik-baik saja. (Ilustrasi/Pexels)

Apa Saja Tanda-tanda Kecemasan dalam Hubungan?

Rona psikologi
Kumara Anggita • 20 Februari 2020 15:07
Jakarta: Apakah Anda merasa bahwa Anda terus khawatir terhadap hubungan Anda walaupun  saat ini Anda dan pasangan sedang baik-baik saja. Jika iya, dilansir dari Healthline, ini disebut dengan kecemasan dalam hubungan.
 
Hal ini adalah sesuatu yang normal dan bisa dirasakan oleh orang yang hubungannya masih baru atau masuk ke tahap komitmen. Jika terus dibiarkan, kecemasan ini seiring waktu dapat menyebabkan tekanan emosional, kurang motivasi, kelelahan tubuh  atau kelelahan emosional, gangguan perut dan masalah fisik lainnya.
 
Bila Anda belum yakin apakah Anda berada dalam situasi ini atau tidak. Berikut ada beberapa tanda kecemasan dalam hubungan yang bisa Anda jadikan acuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ingin tahu apakah Anda penting bagi pasangan Anda
 
“Ekspresi kecemasan hubungan yang paling umum terkait dengan pertanyaan mendasar tentang 'Apakah saya penting?' Atau 'Apakah Anda mendukung saya?'"  kata Astrid Robertson, seorang psikoterapis.
 
Menurutnya perasaan ini datang dari kebutuhan mendasar manusia untuk terhubung, menjadi bagian, dan merasa aman dalam suatu hubungan. Ketika kebutuhan ini tak terpenuhi, Anda jadi khawatir bahwa pasangan Anda tidak  merindukan Anda jika Anda tidak ada disampingnya atau pasangan mungkin tidak menawarkan bantuan atau dukungan jika sesuatu yang serius muncul.
 
Bisa juga Anda merasa bahwa pasangan hanya ingin bersama Anda karena apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka dan masih banyak lagi.
 
Meragukan perasaan pasangan Anda
 
Anda dan pasangan sudah bilang “I Love You” berulang kali dan dia juga membantu Anda menyelasaikan berbagai masalah namun tetap saja Anda masih tidak bisa menghilangkan keraguan yang mengganggu yaitu “Mereka tidak benar-benar mencintaiku”.
 
Ketika pasangan sudah mulai menunjukan gerak-gerik sedikit menjauh , Anda langsung berpikir bahwa perasaannya sudah berubah. Hal ini dirasakan setiap orang dalam hubungan namun bila terjadi terus-menerus, ini menjadi pertanda bahwa Anda memang memiliki kecemasan dalam hubungan. 
 
Anda khawatir pasangan Anda ingin putus
 
Hubungan yang baik adalah hubungan yang dapat membuat Anda merasa dicintai, aman, dan bahagia. Sangat normal untuk ingin mempertahankan perasaan ini namun pikiran ini kadang-kadang bisa berubah menjadi rasa takut yang bisa buat pasangan Anda meninggalkan Anda.
 
Buruknya, saat kecemasan menyerang,  Anda jadi menyesuaikan perilaku Anda untuk mendapatkan kasih sayang mereka yang berkelanjutan. Tanda Anda mencoba menyesuaikan situasi ini adalah ketika Anda mulai menghindari mengemukakan masalah yang merupakan hal penting bagi Anda dalam suatu hubungan atau mengabaikan ketika pasangan Anda melakukan hal-hal yang mengganggu Anda.
 
Meragukan kompatibilitas jangka panjang
 
Kecemasan dalam hubungan dapat membuat Anda mempertanyakan apakah Anda dan pasangan Anda benar-benar cocok, bahkan ketika segala sesuatunya berjalan baik-baik saja. Anda mungkin juga mempertanyakan apakah Anda benar-benar bahagia atau hanya berpikir seperti itu.
 
Anda bisa melihat bahwa Anda mulai memusatkan perhatian pada perbedaan kecil seperti perbedaan selera musik dan hal ini Anda jadi begitu tekankan dalam hubungan. Anda dan pasangan pun jadi banyak bertengkar.
 
Menyabotase hubungan
 
Perilaku menyabotase dapat berakar pada kecemasan hubungan. Tanda-tanda sabotase antara lain selalu memilih berargumen dengan pasangan, menguji batas-batas hubungan, seperti meraih makan siang dengan mantan tanpa memberi tahu pasangan Anda dan masih banyak lagi.
 
Anda mungkin tidak melakukan hal-hal ini dengan sengaja namun Anda tidak menyadari tujuan yang mendasarinya. Biasanya Anda melakukannya untuk menentukan seberapa besar kepedulian pasangan terhadap Anda. 
 
Membaca kata-kata dan tindakan mereka
 
Kecenderungan untuk terlalu memikirkan kata-kata dan tindakan pasangan Anda juga dapat menyebabkan kecemasan dalam hubungan. Mungkin pasangan tidak suka berpegangan tangan, atau lama membalas pesan Anda.  Hal ini bikin Anda tidak tenang dan mempertanyakan apakah Anda dan pasangan berada di jalan yang sama.
 
Anda dan pasangan kehilangan waktu yang menyenangkan
 
Masih tidak yakin apakah Anda berurusan dengan kecemasan hubungan? Mundurlah sejenak dan tanyakan pada diri sendiri "Apakah saya menghabiskan lebih banyak waktu mengkhawatirkan hubungan ini daripada menikmatinya?"
 
Kecemasan bisa terjadi pada siapa saja
 
tetapi jika kecemasan lebih banyak memberikan kesedihan dalam hubungan Anda maka waktunya untuk mengevaluasi kembali.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif