NEWSTICKER
Penting untuk memastikan bahwa kamar mandi tidak bocor dan rembes dengan cara, menjaga kebersihan kamar mandi. (Foto: Pexels.com)
Penting untuk memastikan bahwa kamar mandi tidak bocor dan rembes dengan cara, menjaga kebersihan kamar mandi. (Foto: Pexels.com)

Tips Membuat Kamar Mandi yang Nyaman

Rona tips rumah
Sunnaholomi Halakrispen • 28 Februari 2020 12:00
Jakarta: Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang penting di dalam rumah. Untuk menciptakan kamar mandi yang keren dengan kenyamanan yang tepat, tidak perlu mewah. Namun, harus diupayakan dengan melakukan perawatan tepat.
 
Sebab, kamar mandi selalu digunakan setiap harinya, yakni untuk mandi atau berendam, buang air, mencuci muka, menyikat gigi, dan merias diri. Bahkan, ada juga orang yang mendapatkan inspirasi atau ide brilian saat berada di dalam kamar mandi.
 
Maka demikian, penting untuk merawat kamar mandi agar membuat nyaman orang yang berada di dalamnya. Solusinya, membuat agar kamar mandi tidak bocor dan rembes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penting untuk memastikan bahwa kamar mandi tidak bocor dan rembes dengan cara, menjaga kebersihan kamar mandi. Kamar mandi yang kotor akan menjadi sumber penyakit, jangan biarkan kuman dan bakteri bersarang di sana," ujar Antony Kostka selaku General Manager Commerce PT. Adhi Cakra Utama Mulia, dalam rilis yang diterima Medcom.id.
 
Kemudian, bersihkan kamar mandi hingga ke celah-celah keramik dan menggunakan cairan pembersih yang tidak terlalu keras, agar tidak merusak bagian kamar mandi. Perhatikan juga sirkulasi udara agar kamar mandi tidak lembap.
 
Selain itu, periksa bagian kamar mandi secara berkala. Apabila Anda menemukan adanya bagian kamar mandi yang retak, pecah, atau berkarat, segera tangani. Mulai dari peralatan sederhana yang ada di rumah hingga meminta bantuan pada ahlinya. 
 
"Jika tidak segera ditangani bisa menjadi bencana di kemudian hari. Contohnya, kamar mandi di lantai dua yang rembes hingga ke ruang di lantai bawah, membuat lembap ruangan di sekitarnya, dan menimbulkan noda bekas rembes," paparnya.
 
Tips lainnya, gunakan pelapis anti bocor yang memang lebih dikenal untuk diaplikasikan di atap dan dinding luar rumah. Cara ini bisa dilakukan untuk mengantisipasi bocor dan rembes karena hujan. 
 
Namun, kata Antony, untuk kamar mandi dan area basah lainnya, bahan pelapis antibocor yang lebih cocok ialah pelapis antibocor berbahan semen. Salah satunya, Aquagard yang merupakan produk dari Aquaproof.
 
"Aquagard dengan teknologi flexible cementitious sangat cocok diaplikasikan di area kamar mandi karena kedap air, fleksibel, daya lekat tinggi, tahan lama, dan kuat," jelasnya.
 
Ia memaparkan bahwa pengaplikasian antibocor sebaiknya dilakukan sejak pertama kali membangun rumah. Namun, apabila sudah terlanjur mengalami masalah rembes dan bocor, tetap dapat mengaplikasikan waterproofing sesuai langkah-langkah pengerjaan solusi kamar mandi.
 
Pertama, gunakan kombinasi yang tepat sebagai pelapisan primer, untuk menutup pori-pori pada plasteran. Kemudian, lakukan dua kali pelapisan pelapis antibocor. Terakhir, lakukan langkah pemasangan keramik.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif