Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memusatkan lebih banyak perhatian pada tanaman hias. (Ilustrasi/Pexels).
Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memusatkan lebih banyak perhatian pada tanaman hias. (Ilustrasi/Pexels).

5 Tanaman Hias yang Akan Tren di 2020

Rona tanaman periskop 2020
Timi Trieska Dara • 15 Januari 2020 10:05
Jakarta: Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memusatkan lebih banyak perhatian pada tanaman hias. Menurut laporan tren yang dirilis oleh GrowIt, sebuah aplikasi yang membantu pengguna terhubung ke komunitas digital pecinta tanaman, tanaman hias membentuk 30 persen dari semua tanaman yang diunggah ke aplikasi pada 2019, dan persentase itu terus meningkat setiap tahun.
 
Dilansir dari Better Homes & Gardens, tanaman tertentu seperti monstera dan daun terbelah philodendron masih sangat populer dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. Dari data itu, lima tanaman hias dalam ruangan ini juga akan menjadi tren pada 2020.
 
1. Tanaman hias dengan dedaunan warna-warni

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanaman dengan daun merah muda telah menjadi tren baru-baru ini. Bahkan tanaman seperti snake plant atau lidah mertua (Sansevieria) dan pothos yang memiliki percikan putih di daunnya yang biasanya hijau (dikenal sebagai variegasi) juga sangat populer.
 
Tanaman hias dengan warna dan pola yang unik pada daun akan menarik lebih banyak penggemar — dedaunan warna-warni seperti croton, cemara Cina, dan stromanthe akan menjadi sangat trendi.
 
"Kita tertarik pada tanaman hias unik dengan dedaunan menarik karena membantu kita mengekspresikan gaya pribadi kita," kata Rachel Haugo, wakil editor di BHG.com.
 
Faktanya, dedaunan yang berwarna-warni dan menarik keluar sebagai faktor utama ketika memilih tanaman baru, menurut survei terbaru GrowIt terhadap lebih dari 10.000 pemilik tanaman.
 
2. Tanaman Sukulen yang tidak biasa
 
Sukulen terus berkuasa sebagai beberapa tanaman hias yang paling populer dan mudah dirawat. Varietas yang tidak biasa, seperti yang berbentuk seperti lumba-lumba lompat atau kuncup mawar adalah komoditas yang sangat hebat.
 
Dan kita telah melihat semakin beragamnya sukulen berwarna-warni bermunculan di media sosial, termasuk yang berwarna pink, varietas merah yang memukau, dan bahkan beberapa yang memiliki daun hitam. Tidak diragukan lagi bahwa 2020 akan membawa beberapa bentuk dan warna sukulen yang belum pernah terlihat saat para pemulia tanaman dan petani memanfaatkan tren ini.
 
3. Komunitas tanaman hias
 
Meskipun memelihara tanaman hias belum pernah dianggap sebagai hobi sosial di masa lalu, pada 2020 persepsi itu akan memudar karena semakin banyak pecinta tanaman mencari cara untuk terhubung satu sama lain untuk mendapatkan saran, bertukar stek, dan bahkan mendapatkan teman baru. Tentu saja, media sosial membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk mengobrol dengan orang lain yang berbagi kecintaan terhadap tanaman — grup Facebook House Plant Hobbyist, misalnya, saat ini memiliki lebih dari 327.000 anggota dari seluruh dunia.
 
Dan aplikasi gratis seperti GardenTags dan GrowIt adalah cara yang menyenangkan untuk berinteraksi dengan pecinta tanaman lainnya.
 
Pertemuan langsung para penggemar tanaman hias juga akan meningkat popularitasnya. Apa pun tingkat keahlian Anda, tidak ada yang seperti menghadiri pertukaran tanaman komunitas, lokakarya di taman umum atau pusat taman, atau bahkan bertemu-dan-sambut dengan #plantfluencer untuk memberi Anda inspirasi segar. Belum lagi semua tanaman hias baru yang unik yang bisa Anda bawa pulang.
 
4. Tanaman hias sebagai Dekorasi Hidup
 
Memamerkan tanaman hias Anda yang berharga dengan cara yang kreatif dan penuh gaya adalah bagian dari kesenangan menanamnya. Pada 2020, akan ada pergeseran ke arah penggunaan tanaman sebagai titik fokus, daripada meletakkan mereka sebagai latar sebuah ruangan. Kita akan melihat mereka semakin "dipamerkan" dengan rak minimalis sehingga fokusnya adalah pada tanaman, tetapi juga dipasangkan dengan tekstur dan bahan alami (bayangkan batu, goni, kulit, dan serbuk kayu) untuk meningkatkan estetika tanaman," kata Caitlin Sole, editor rumah di BHG.com.
 
5. Tanaman Langka
 
Diperkirakan akan ada peningkatan dramatis dalam permintaan varietas dalam pasokan terbatas. Mengapa hanya memiliki monstera biasa ketika Anda bisa mendapatkan tanaman hias langka beraneka ragam? Bahkan ketika harganya hampir $200 untuk yang kecil, pot 6 inci, banyak tanaman yang didambakan seperti Monstera deliciosa albo-variegata masih sulit ditemukan dalam persediaan.
 
"Tanaman hias telah menjadi barang koleksi, sehingga semakin tidak umum dan sulit didapat, semakin baik," kata Viveka Neveln, editor taman di BHG.com.
 
Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli tanaman langka untuk mengikuti tren ini. Pergilah ke pusat kebun lokal Anda dan lihat apakah mereka punya sukulen unik atau tropis berwarna-warni yang menarik perhatian Anda.
 
Atau lakukan sedikit riset online dan Anda pasti menemukan banyak tanaman yang terjangkau. Semua tren ini membuat berkebun di dalam ruangan bahkan lebih bermanfaat bagi kita semua.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif