NEWSTICKER
Ada cara mudah untuk membuat disinfektan sendiri sebagai alternatif dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Ada cara mudah untuk membuat disinfektan sendiri sebagai alternatif dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Cara Membuat Disinfektan dari Cuka Dapur

Rona cara membuat disinfektan
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Maret 2020 14:36
Jakarta: Cairan disinfektan bermanfaat dalam membersihkan benda dari paparan bakteri maupun virus. Di tengah pandemi covid-19 (new coronavirus), disinfektan yang dijual di pasaran terbilang langka.
 
Namun, Anda tidak harus sulit mencari dan membelinya. Ada cara mudah untuk membuat disinfektan sendiri sebagai alternatif dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.
 
Bahkan, bahan utama yang perlu Anda siapkan ialah cuka dapur, yang biasa dipakai untuk memasak. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prof. Dr. Arif Sumantri, SKM., M.Kes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satu yang diinformasikan adalah bagaimana cuka yang biasanya digunakan untuk pempek, cuka yang biasanya digunakan untuk asam itu bisa dipakai untuk disinfektan," ujar Prof. Arif di Kantor BNPB, Jakarta Timur.
 
Siapkan cuka dapur sebanyak setengah cangkir dan air bersih dengan takaran yang sama dengan cuka. Kemudian, campurkan keduanya.
 
Siapkan juga minyak esensial. Ada banyak aroma essential oil yang bisa Anda pilih. Di antaranya, kemangi, kayu manis, cengkeh, kayu putih, maupun jeruk nipis.
 
"Tambahkan minyak esensial 12 sampai 24 tetes. Kemudian dikocok," paparnya.
 
Setelah itu, masukkan racikan disinfektan tersebut ke dalam satu wadah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Disinfektan Anda pun siap digunakan untuk membersihkan benda-benda di sekitar Anda, karena cuka memiliki kandungan asam asetat yang diyakini dapat menghambat pertumbuhan mikro organisme.
 
"Ini bisa jadi alternatif ketika disinfektan mahal dan langka seperti saat ini. Tidak ada hal yang bisa menjadi halangan, selalu ada solusi di tengah kesulitan," pungkanya. Tapi ingat ini untuk barang-barang di rumah tidak untuk tangan Anda.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif