Beberapa wanita siap untuk melakukan hubungan seksual kembali setelah mendapat lampu hijau dari para dokter mereka. (Foto Ilustrasi: Kelly Sikkema/Unsplash)
Beberapa wanita siap untuk melakukan hubungan seksual kembali setelah mendapat lampu hijau dari para dokter mereka. (Foto Ilustrasi: Kelly Sikkema/Unsplash)

Penyebab Gairah Seks Menurun usai Melahirkan

Rona seks dan kesehatan
Raka Lestari • 05 Mei 2019 15:47
Biasanya wanita yang memiliki gairah seks lebih tinggi selama hamil, tiba-tiba 
berubah dan menurun begitu bayi lahir. Padahal, itu normal jika terjadi penurunan gairah seksual.
 
Jakarta:
Setelah melahirkan, ada banyak perubahan yang terjadi pada hidup Anda. Semua hal yang ada dalam hidup Anda berubah, mulai dari jadwal kegiatan sehari-hari, tubuh Anda, hormon Anda, dan tentunya gairah seks akan mengalami perubahan yang sangat drastis dibandingkan sebelum memiliki bayi.
 
Meskipun sebagian perubahan tersebut menyenangkan, karena Anda baru saja mempunyai bayi, hal itu bisa sulit ditangani jika dikerjakan secara sekaligus. Anda juga harus mempelajari bagaimana gairah seks Anda menurun setelah mempunyai bayi, sehingga memberikan kejelasan mengenai apa yang terjadi pada tubuh Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Parents, kombinasi antara kurang tidur, stres, dan fluktuasi hormon biasanya membuat gairah seks setelah hamil menjadi berkurang. 
 
Bagi ibu menyusui, gairah seksual bisa turun lebih jauh karena jumlah estrogen yang menurun dalam tubuh mereka. Melansir Belly Belly, penurunan kadar estrogen tersebut berarti bahwa lendir vagina Anda menurun secara signifikan, dan peningkatan prolaktin (yang diperlukan untuk membuat susu) semakin mengurangi dorongan seks.
 
Sementara menurut Baby Center, sebanyak 20 persen wanita dilaporkan memiliki sedikit atau tidak ada keinginan untuk berhubungan seks. Tepatnya tiga bulan setelah melahirkan.
 
Meskipun memang gairah seks yang menurun merupakan hal yang terjadi dalam jangka waktu sementara, ada baiknya untuk tidak memaksakan berhubungan seksual jika memang Anda merasa belum siap melakukannya.
 
Beberapa wanita siap untuk melakukan hubungan seksual kembali setelah mendapat lampu hijau dari para dokter mereka. Sementara bagi yang sudah siap, tapi masih ngeri untuk melakukannya, Anda tak perlu menunggu lama untuk kembali bercinta dengan suami Anda.
 
Cerdas Menjaga Tumbuh Kembang Si Kecil

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif