Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Manfaat, Tantangan, dan Konsep dari Bermain untuk Anak

Rona hari anak nasional tumbuh kembang anak
Raka Lestari • 23 Juli 2020 06:12
Jakarta: Seberapa hebat kita di mata anak-anak kita? Seberapa penting kita di mata mereka? Dua pertanyaan yang mungkin terlintas bagi orang tua, termasuk saya yang ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang secara positif.
 
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita berpikir sederhana. Sesekali memikirkan untuk bisa membuat anak bahagia, dengan cara mereka. Salah satunya dengan bermain.
 
Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Psikolog dan Ketua Ikatan Psikologi Klinis Jakarta pernah berkata dalam acara Memperingati Hari Anak Nasional dengan Bermain bersama Paddle Pop, tak jarang orang tua memandang bahwa bermain justru memberikan dampak buruk pada performa anak di sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehingga terkadang orang tua membatasi anak untuk bermain. Namun sebenarnya bermain ternyata memiliki manfaat bagi tumbuh kembang anak.
 
“Tidak hanya penting bagi tumbuh kembang anak, bermain berikan banyak manfaat seperti memperkaya wawasan tentang solusi masalah, meningkatkan rasa keberhasilan, mengasah koordinasi motorik, dan mengasah kemampuan sosial,” ujar psikolog yang akrab disapa Nina ini.

Menghadapi tantangan

Menurut Michele Capurso dalam sebuah penelitian pada 2016, salah satu manfaat bermain bagi anak adalah meningkatkan kemampuan untuk coping, yaitu mampu untuk menghadapi dan mengatasi tantangan atau masalah dengan baik dan tenang.
 
“Tantangan yang akan dihadapi anak-anak kita di masa depan tidak sama dengan yang kita hadapi sekarang. Mereka perlu dibekali bukan saja dari segi akademis, tetapi juga dari segi kreativitas, karakter dan kemampuan bersosialisasi yang bisa didapat dari bermain,” jelas Nina.

Tiga konsep

Manfaat, Tantangan, dan Konsep dari Bermain untuk Anak
 
Lebih lanjut, Nina juga menjelaskan mengenai tiga konsep seputar dunia bermain anak. Pertama adalah Mainan, yaitu alat yang digunakan, bisa merupakan hasil karya anak. Kedua adalah Permainan, yaitu aktivitas yang diciptakan, bisa membutuhkan mainan ataupun tanpa mainan. Ketiga adalah Bermain, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan dan memberikan banyak manfaat bagi anak.
 
“Yang betul-betul memberikan manfaat buat anak bukanlah mainan atau permainan, namun proses bermain yang dilakukan anak. Orang tua bisa membantu anak untuk menciptakan mainan, mengusulkan permainan yang akan dilakukan, dan bermain bersama anak. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya,” jelas Nina.

Anak di tengah pandemi

Manfaat, Tantangan, dan Konsep dari Bermain untuk Anak
 
Di tengah penerapan sekolah virtual dan anak disarankan untuk tetap di rumah, waktu bermain semakin penting. Tidak hanya sebagai momen istirahat anak di sela-sela sekolah virtual tetapi juga pengganti manfaat bermain yang biasa mereka dapatkan ketika di sekolah. Seperti kreativitas, pembangunan karakter dan kemampuan bersosialisasi.
 
“Apalagi sekolah virtual telah menuntut anak untuk selalu on screen, sehingga bermain menjadi momen tepat untuk mengurangi screen time anak. Jadi, saya dan suami sangat membebaskan anak bermain, bahkan kami yang menginisiasi waktu bermain yang berkualitas bersama anak,” ujar Artika Sari Devi, Putri Indonesia 2004.
 
Untuk itu tak ada salahnya membiarkan anak bermain, dengan catatan permainan yang mereka mainkan bisa membantu tumbuh kembangnya. Terakhir, ikut berperan dalam permainan mereka, agar bisa merekatkan ikatan orang tua dan anak.
 
Sementara itu, psikolog Nina berharap, para orang tua tetap menjaga anaknya dari kemungkinan tertular covid-19. Salah satu caranya dengan mengoptimalkan aktivitas hariannya di rumah.
 
"Berikanlah anak waktu untuk bermain setiap harinya karena bermain itu sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, karena memang banyak hal yang baik dapat dimulai dengan bermain," tutup Nina.
 

(FIR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif