Orang yang merasa bahagia akan lebih terpanggil untuk berkomitmen ke pernikahan, daripada orang yang jatuh cinta lagi panas-panasnya (ini adalah jangka pendek). (Foto: Pexels.com)
Orang yang merasa bahagia akan lebih terpanggil untuk berkomitmen ke pernikahan, daripada orang yang jatuh cinta lagi panas-panasnya (ini adalah jangka pendek). (Foto: Pexels.com)

Perlukah Rasa Persahabatan dalam Pernikahan?

Rona romansa psikologi
Kumara Anggita • 15 Mei 2019 18:50
Peneliti Grober dan Helliwell menemukan bahwa kunci dari kebahagiaan hubungan adalah persahabatan. Dalam penemuannya pasangan yang menganggap pasangan mereka sebagai teman terbaik mereka, memiliki dampak kesejahteraan pernikahan dua kali lebih besar daripada pasangan lainnya.
 

 
Jakarta: Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa ada pasangan yang terlihat begitu bahagia di restoran, jalan, atau taman? Anda melihat bahwa ada keterhubungan dari ekspresi, kontak mata, dan tawanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini bukanlah semata-mata gairah yang berapi-api yang dirasakan saat jatuh cinta pertama kali. Menurut penelitian ada komponen paling penting dalam hubungan bahagia dalam pernikahan, dinamakan persahabatan.
 
Shawn Grover dan John F. Helliwell dalam tulisan yang berjudul "How's Life at Home?” dalam Psychology Today mencatat bahwa suatu berhubungan erat dengan kesejahteraan subjektif.
 
Orang yang merasa bahagia akan lebih terpanggil untuk berkomitmen ke pernikahan, daripada orang yang jatuh cinta lagi panas-panasnya (ini adalah jangka pendek).

Pasangan dan rasa persahabatan

Selama ini, banyak orang berpikir bahwa pasangan dan rasa persahabatan adalah dua hal yang terpisah. Padahal beberapa orang berpendapat bahwa rahasia pernikahan yang langgeng adalah menggabungkan dua elemen itu.
 
Karena itu, Grober dan Helliwell menemukan bahwa kunci dari kebahagiaan hubungan adalah persahabatan. Dalam penemuannya pasangan yang menganggap pasangan mereka sebagai teman terbaik mereka, memiliki dampak kesejahteraan pernikahan dua kali lebih besar daripada pasangan lainnya.
 
Temuan ini menunjukkan bahwa persahabatan meningkatkan hubungan romantis. Ini memberikan dampak positif pada kesejahteraan.
 
Perlukah Rasa Persahabatan dalam Pernikahan?
(Orang yang merasa bahagia akan lebih terpanggil untuk berkomitmen ke pernikahan, daripada orang yang jatuh cinta lagi panas-panasnya (ini adalah jangka pendek). Foto: Pexels.com)

Pasangan yang merupakan teman

Dalam penelitan lain oleh Victor W Harris et al, definisi persahabatan adalah hubungan dekat yang mencakup saling ketertarikan, suka (tidak selalu cinta), pengungkapan diri yang intim, dan dukungan.
 
Definisi ini juga harusnya hadir dalam pernikahan bahagia. Mereka menjelaskan bahwa menambahkan kepercayaan pada elemen di atas memungkinkan persahabatan tumbuh menjadi cinta romantis.
 
Konsep persahabatan sebagai jembatan untuk mengembangkan emosi yang lebih dalam, kepercayaan, dan komitmen pernikahan. Praktisnya, pasangan yang mereka pelajari adalah pasangan yang menghabiskan waktu bersama, menikmati kebersamaan satu sama lain, dan bersenang-senang bersama.
 
Ini sebagai faktor yang berkontribusi pada pengembangan dan pemeliharaan persahabatan mereka dan kemudian berlanjut ke cinta yang dialami sebagai emosi, perilaku, dan komitmen.

Penelitian

Sebuah studi sebelumnya tentang pernikahan orang latin yang kuat mengungkapkan temuan serupa. Victor W. Harris et al meneliti peran persahabatan, kepercayaan, dan cinta, untuk 25 pasangan Latin yang melaporkan pernikahan yang kuat.
 
Tiga pasangan ini melaporkan persahabatan sebagai komponen dasar penting dari pernikahan yang kuat. Ada kasih sayang yang diungkapkan melalui perilaku. Pasangan juga menghabiskan waktu bersama, berbicara,dan berpartisipasi dalam kegiatan positif dan sehat bersama.
 
Karena itu, jika Anda ingin pernikahan bahagia rekatkanlah rasa hubungan persahabatan Anda dan pasangan. Jika Anda yang masih berpacaran, pastikan Anda menikahi orang yang bisa jadi sahabat Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif