Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa para ibu merasa lebih stres mengenai pengasuhan daripada ayah. (Ilustrasi/Pexels)
Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa para ibu merasa lebih stres mengenai pengasuhan daripada ayah. (Ilustrasi/Pexels)

Studi: Pengasuhan Anak Membuat Ibu Lebih Stres daripada Ayah

Rona anak-anak
Anda Nurlaila • 08 Februari 2020 14:06
Jakarta:  Ayah dan ibu memiliki peran yang sama-sama penting dalam pengasuhan buah hati mereka. Tetapi sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa para ibu merasa lebih stres mengenai pengasuhan daripada ayah. Penyebabnya akibat pekerjaan membosankan terkait pengasuhan anak yang lebih banyak dikerjakan kaum ibu. 
 
Temuan yang tidak mengejutkan ini merupakan hasil sebuah studi terbaru yang diterbitkan American Sociological Review. Para peneliti menemukan bahwa ibu merasa lebih stres tentang mengasuh anak daripada pasangan pria mereka.
 
Seperti dimuat dalam Parents, para peneliti dari Cornell University mensurvei 12.000 orang tua Amerika pada tahun 2010, 2012, dan 2013. Mereka menemukan bahwa para ibu jauh lebih tertekan menjalani tugas tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seringkali disebabkan ketidakseimbangan antara tugas rumah tangga dan mengasuh anak dengan hal-hal menyenangkan. Hal tersebut membuat para ibu lebih mungkin merasakan kebosanan dan cenderung meningkatkan stres. 
 
"Para ibu melakukan hal-hal yang berbeda dengan anak-anak mereka daripada ayah.  Hal-hal yang kita tahu tidak menyenangkan," kata peneliti Kelly Musick, profesor analisis kebijakan dan manajemen di Cornell. 
 
"Bermain dengan anak-anak mereka adalah pengalaman yang sangat menyenangkan bagi orang tua. Para ayah melakukan lebih banyak bermain sebagai bagian dari jumlah total waktu yang mereka habiskan bersama anak-anak mereka."
 
Musick melanjutkan dengan peran dan norma sosial yang ada, ibu sering kali melakukan hal-hal yang diperlukan dalam pengasuhan tetapi tidak begitu menyenangkan seperti membersihkan anak, memberi makan, menidurkan hingga merawat anak saat sakit dan sebagainya. 
 
Hasil penelitian dapat menjadi petunjuk untuk menyeimbangkan tugas pengasuhan antara suami dan istri. Selain itu studi menekankan untuk berhenti mengharapkan ibu melakukan bagian yang diperlukan, tetapi tidak terlalu menyenangkan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif