Alleira Batik dan ESL Express Lorena Group menciptakan Batik Motif Tenun Karo yang terinspirasi dari Suku Karo. (Foto: Istimewa)
Alleira Batik dan ESL Express Lorena Group menciptakan Batik Motif Tenun Karo yang terinspirasi dari Suku Karo. (Foto: Istimewa)

Peluncuran Batik Motif Tenun Karo dari Alleira Batik

Rona batik fashion gaya
Raka Lestari • 10 September 2020 13:11
Jakarta: Alleira Batik bekerja sama dengan ESL Express Lorena Group membuat koleksi bertemakan Batik Motif Tenun Karo yang terinspirasi dari Suku Karo, yang merupakan salah satu suku yang  mendiami daerah Pegunungan Bukit Barisan di Sumatra Utara. 
 
Daerah ini subur dan kaya akan hasil-hasil pertanian, tak terkecuali kekayaan Adat dan Budayanya. Salah satu hasil karya Suku Karo adalah Kain Tenun Karo yang sudah terkenal di dunia.
 
“Mulai diperkenalkan corak Batik Karo masuk ke market premium di Indonesia dan luar negeri dan ini semua kerja keras Eka Sari Lorena Soerbakti yang mengajak kerja sama Alleira untuk memproduksi Batik corak Karo,” ujar Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik, dalam acara Press Conference Batik Motif Tenun Karo, Rabu 9 September 2020 kemarin. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Baju yang saya pakai, masker yang saya pakai, syal yang dipakai Kakak Eka Lorena, sajadah untuk salat, tas tengteng adalah sedikit dari produk-produk yang bercorak Batik Karo yang sudah diproduksi oleh Alleira,” tambahnya.
 
Dalam hal ini, Eka Sari Lorena Soerbakti berkomitmen untuk terus mengembangkan Batik Karo dengan mencari corak-corak yang sudah ada tetapi belum dieksplor secara maksimal untuk dijadikan produk-produk Alleira.
 
Warna-warna yang kuat, cerah, berani diantaranya seperti merah, orange, coklat, ungu, kuning, aksen keemasan dan hijau melambangkan keteguhan arti yang tegas sesuai karakter khas Suku Karo. 
 
Salah satu motif Karo yang terkenal adalah motif "Pengeret-ret". Ornamen ini berbentuk deformasi dari hewan cicak dengan kepala yang ada di sebelah kanan dan kiri.
 
Dalam masyarakat Karo dianggap simbol kekuatan, penangkal roh jahat dan simbol persatuan masyarakat dalam menyelesaikan suatu masalah. Motif ini pun menjadi salah satu motif andalan yang di aplikasikan kedalam proses batik.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif