Pemudik Disarankan Berangkat Mulai 10 Juni
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan sarana dan prasarana jelang angkutan Lebaran, di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Foto: Antara/Risky Andrianto.
Jakarta:Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan pemudik berangkat ke kampung halaman mulai Minggu, 10 Juni 2018. Ini agar pemudik bisa menghindari kepadatan lalu lintas.

"Kami menyarankan pada para pemudik tidak mudik pada tanggal 8-9 (Juni) karena itu adalah puncak mudik. Kalau bisa tanggal 10-11 (Juni) itu lebih longgar," kata Budi dalam rapat koordinasi lintas sektoral di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018. 


Menurut Budi, pemudik cenderung mengambil momentum libur hari pertama untuk melakukan perjalanan. Kepadatan lalu lintas kendaraan pribadi pun diperkirakan bakalan terjadi terutama di gerbang tol. 

"Berkaitan dengan selesainya Tol Jakarta-Surabaya, dilengkapi ada beberapa jalan fungsional, membuat preferensi masyarakat ingin menggunakan itu," tutur dia. 

Budi juga menyarankan pemudik menggunakan jalur nontol. Ia menjamin seluruh jalur arteri yang dipersiapkan mampu memberikan kenyamanan lalu lintas usai rampungnya perbaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Baca:Musim Mudik, Stok Premium-Pertamax Ditambah

"Kami mengajak kapolda, pangdam, dan lainnya memberikan pengetahuan kepada masyarakat jalan Tol Jakarta-Surabaya bukanlah segalanya, ada Pantura (Jalur Pantai Utara). Kami sudah cek, touringdengan sepeda, baik sekali," ujar dia. 

Lalu lintas mudik Lebaran 2018 diharapkan berjalan lancar seperti tahun lalu. Budi pun meminta pengawasan kendaraan diperketat untuk terus menurunkan angka kecelakaan. 

"Catatan kecelakaan tahun lalu turun 30 persen, imbauan kami pemudik tidak menggunakan motor dan ramp check menjadi penting," pungkas dia. 





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id