Ramp chek bus pariwisata di kantor Dinas Perhubungan Jepara. Foto: Medcom.id
Ramp chek bus pariwisata di kantor Dinas Perhubungan Jepara. Foto: Medcom.id

Dishub Jepara Ramp Check Bus Jelang Mudik

Ramadan Mudik Lebaran 2018
Rhobi Shani • 28 Mei 2019 13:00
Jepara: Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jepara, Jawa Tengah, menggelar ramp chek bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Pengecekan langsung dilakukan di garasi bus.
 
"Pengecekan dilakukan menyeluruh, dari kondisi bus hingga fasilitas bus. Termasuk surat-surat juga diperiksa,” ujar Kepala Dishub Kabupaten Jepara, Deni Hendarko, usai melakukan ramp chek di garasi bus PO Bejeu, Jepara, Jateng, Selasa, 28 Mei 2019.
 
Satu per satu fungsi bagian bus diperiksa. Seperti lampu, klakson, wiper, lampu sein, lampu rem. Ketersedian alat keselamatan di dalam bus juga diperiksa, yakni alat pemecah kaca dan racun api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi ban juga diperiksa. Kalau memang sudah aus langsung kami minta untuk diganti," imbuhnya.
 
Deni menerangkan, setiap bus yang akan melayani pemudik harus melewati proses ramp chek. Tidak hanya bus reguler, bus pariwisata yang disewa perusahaan swasta maupun instansi pemerintah untuk program mudik bareng harus melalui tahapan ramp chek.
 
"Bus AKAP yang tidak ramp chek maka tidak diizinkan masuk terminal untuk mengangkut pemudik. Begitu juga dengan bus pariwisata yang disewa untuk mengangkut pemudik juga harus ramp chek," ungkap Deni.
 
Ramp chek bus AKAP dilakukan di garasi masing-masing perusahaan bus. Sementara, ramp chek bus pariwisata dilakukan di kantor Dishub Jepara.
 
Kepala Bidang Perhubungan Darat pada Dishub Jepara, Setyo Adhi, menambahkan jumlah bus bergarasi di Jepara yang melayani pemudik tahun ini sebanyak 73 unit. Jumlah penumpang setiap hari mencapai 2.190 orang.
 
"Itu hanya bus yang garasinya di Jepara. Kalau bus yang garasinya di Kudus tapi trayeknya juga ke Jepara ya, terdata di Kabupaten Kudus," tandas Adhi.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif