Sektor perkantoran dan residensial belum pulih tahun ini. Foto: Shutterstock
Sektor perkantoran dan residensial belum pulih tahun ini. Foto: Shutterstock

Sektor Ritel dan Hotel Membaik, Bisnis Ini Justru Melempem

Rizkie Fauzian • 06 Juli 2022 17:00
Jakarta: Bisnis properti belum sepenuhnya pulih setelah diterjang pandemi covid-19. Namun, beberapa sektor menunjukkan pemulihan yang lebih cepat dari yang lainnya, yakni ritel dan hotel.
 
"Sektor-sektor yang berhubungan dengan publik, seperti ritel dan hotel kecenderungannya lebih positif," kata Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto dalam paparan secara daring, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Menurutnya, pemulihan yang terjadi karena adanya pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dikeluarkan pemerintah. Hal berbeda terjadi dengan sektor residensial dan perkantoran.
 
Baca juga: Harga Properti di Kawasan Bandung Timur Turun

"Untuk sektor perkantoran dan residensial masih butuh waktu panjang, tapi tidak tahun ini. Mungkin tahun depan baru akan pulih," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ferry mengatakan, untuk sektor residensial terutama apartemen telah mengalami penurunan sejak lama. Sementara itu, untuk sektor perkantoran jumlah pasokannya masih melimpah.
 
Baca juga: Investasi Properti Asia-Pasifik Tumbuh, Logistik dan Perkantoran Paling Dilirik

"Jadi untuk semester II ini jika dibandingkan dengan semester I effortnya terlalu tinggi. Sementara sektor ini sudah mengalami kendala, jadi sudah berat jadi semakin berat," ujarnya.
 
Dirinya menambahkan, beberapa sektor yang mudah bangkit meski di tengah pandemi lebih mudah untuk pulih. Namun, tidak boleh ada kendala yang menghalangi seperti pengetatan kembali PPKM, kasus covid-19 semakin tinggi, atau kondisi ekonomi yang tidak baik.
 
Sektor yang mengalami pemulihan dengan cepat antara lain kawasan industri. Misalnya bisnis cold storage (gudang pendingin) dan pergudangan logistik.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif