Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Tak Lulus Tepat Waktu Karena Mengulang, Ini Penyebab dan Cara Mengulang Mata Kuliah

Medcom • 12 Agustus 2022 19:14
Jakarta: Semua mahasiswa di Indonesia bahkan di dunia pasti ingin lulus tepat waktu. Untuk lulus tepat waktu banyak hal yang dapat dilakukan, termasuk tidak mengulang mata kuliah.
 
Mengulang mata kuliah berarti mewajibkan mahasiswa mengambil kembali atau mengulang mata kuliah yang sudah pernah diambil atau dikontrak sebelumnya. Pengulangan ini kerap kali terjadi karena nilai seorang mahasiswa belum memenuhi standar kelulusan.
 
Namun, banyak mahasiswa yang sudah memenuhi standar namun masih ingin mengulang mata kuliah yang diinginkan. Hal ini dikarenakan mahasiswa ingin mendapatkan nilai sempurna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebenarnya, terdapat banyak faktor nilai standar tidak tercapai, salah satunya kehadiran mahasiswa. Melansir dari laman Quipper, berikut penyebab mengulang mata kuliah dan cara mengulang mata kuliah yang tidak lulus.:

Penyebab mengulang mata kuliah

1. Kehadiran

Meski terlihat sepele, ternyata kehadiran turut memengaruhi nilai mahasiswa. Biasanya, di awal perkuliahan dosen akan memberikan informasi terkait persentase kehadiran yang akan masuk dalam nilai.
 
Di samping itu, persentase kehadiran juga dijadikan sebagai syarat untuk mengikuti ujian. Hal ini menyebabkan beberapa mahasiswa mengulang mata kuliah, untuk dapat lulus pada mata kuliah tersebut mahasiswa diwajibkan mengikuti ujian.
 
Tidak hanya itu, persentase kehadiran yang harus dipenuhi pun berbeda-beda di tiap kampusnya. Jadi, alangkah lebih baik mahasiswa memperhatikan ketentuan yang berlaku di setiap kampus.

2. Nilai

Selain kehadiran, hal penting yang wajib untuk diperhatikan adalah nilai. Nilai adalah alasan utama mahasiswa mengulang mata kuliah.
 
Umumnya, beberapa kampus menerapkan nilai C sebagai nilai minimal. Hal ini berarti, jika mahasiswa mendapat nilai di bawah C seperti D dan E, mahasiswa tersebut harus mengulang mata kuliah tersebut.
 
Namun, beberapa kampus memperbolehkan mahasiswa dengan nilai D untuk tidak mengulang mata kuliah. Hanya saja, umumnya terdapat batas maksimal untuk nilai D.
 
Di Universitas Padjadjaran (Unpad), nilai D tidak boleh melebihi 20 persen dari jumlah SKS selama masa perkuliahan. Sedangkan, jika mendapat nilai E maka dapat dipastikan mahasiswa wajib mengulang mata kuliah tersebut.
 
Halaman Selanjutnya
3. Tugas Mahasiswa pasti akan…
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif