Ahli biologi molekuler, Ahmad Rusdan Utomo. Foto: Tangkapan layar.
Ahli biologi molekuler, Ahmad Rusdan Utomo. Foto: Tangkapan layar.

Peneliti Indonesia Pereteli Kelemahan Klaim Li Meng Yan Soal Covid-19

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Arga sumantri • 24 September 2020 07:05
Jakarta: Ahli biologi molekuler, Ahmad Rusdan Utomo PhD. alumnus Harvard Medical School, Amerika Serikat mengupas perihal pernyataan pakar virologi dari Universitas Hongkong, Dr Li Meng Yan, yang menyebut SARS-CoV-2, penyebab virus korona (covid-19) adalah buatan manusia. Ahmad memereteli klaim penelitian Yan tersebut menggunakan lego sebagai media perumpamaan.
 
Ahmad mengakui, bahwa Yan bukan lah peneliti sembarangan. Li Meng Yan merupakan peneliti virus dan kerap mempublikasikan penelitiannya di jurnal yang cukup bergengsi. Dengan begitu, tudingannya tentang covid-19 buatan manusia harus dibuktikan secara ilmiah.
 
Singkatnya, menurut Ahmad, Yan menyebut jika SARS-CoV-2 ini dibuat di laboratorium di Tiongkok dan mendapat dukungan dari Partai Komunis Tiongkok. Yan meyakini, bahwa seorang peneliti senior bidang virologi di Wuhan Institute of Virology (WIV), yakni Dr Zheng Li Shi, adalah otak di balik pembuatan virus tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari papernya, Dr Yan mengatakan, bahwa Dr Shi mempunyai kemampuan dan memiliki kapasitas untuk itu (merancang SARS-CoV-2)," kata Ahmad dalam paparannya di kanal YouTube Pak Ahmad miliknya.
 
Ahmad lalu menjelaskan asal mula Shi meneliti virus korona. Menggunakan lego, Ahmad juga merinci struktur SARS-CoV-2 penyebab covid-19 dan SARS-CoV-1 yang menjadi penyebab virus SARS.

 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif