Ketua Komisi X Syaiful Huda (kiri). Dokumentasi Pribadi
Ketua Komisi X Syaiful Huda (kiri). Dokumentasi Pribadi

Butuh Langkah Nyata Mengatasi Masalah Pendidikan di Tengah Pandemi

Pendidikan Kualitas Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 Agustus 2020 13:40
Jakarta: Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda merespons positif komitmen Presiden Joko Widodo yang ingin melakukan transformasi pendidikan. Ia mendorong pemerintah segera mengambil langkah konkret dalam mewujudkan wacana itu, terutama mengatasi kondisi darurat pendidikan di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"Yang saat ini mendesak dilakukan dan ditunggu langkah konkret adalah menyelamatkan hak-hak peserta didik untuk bisa belajar di masa pandemi," kata Syaiful melalui siaran pers, Sabtu, 15 Agustus 2020.
 
Huda sepakat dengan pandangan Presiden Jokowi yang dalam pidatonya menyampaikan kalau pandemi sejatinya bisa menjadi momentum transformasi pendidikan. Namun, menurutnya, perubahan bisa terjadi jika pemerintah tepat mengidentifikasi berbagai persoalan yang ada serta mencari solusi secara cepat dan terukur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini ada banyak persoalan nyata di bidang Pendidikan selama masa pandemi. Nah kami melihat respons dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih sporadis dan kurang komprehensif," ungkapnya.
 
Baca:Jokowi: Pandemi Momentum Transformasi Pendidikan
 
Bagi Huda, sistem pendidikan nasional masih lemah dalam merespons berbagai bencana. Pandemi covid-19 bisa menjadi contoh. Wabah ini mengakibatkan semua sekolah ditutup, dan opsi pembelajaran jarak jauh (PJJ) masih banyak menghadapi kendala karena tidak disiapkan secara matang.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif