Presentasai alumni IPB Budi Susilo tentang wajah peternakan Indonesia. Foto: Dok Humas IPB University.
Presentasai alumni IPB Budi Susilo tentang wajah peternakan Indonesia. Foto: Dok Humas IPB University.

Alumni IPB: Malaysia Hingga Australia Lirik Potensi Hewan Ternak Indonesia

Pendidikan peternakan Pendidikan Tinggi IPB
Arga sumantri • 12 November 2020 13:10
Bogor: Pemilik Mitra Tani Farm (peternakan domba terpadu), Budi Susilo Setiawan membagikan pengalamannya dalam bidang usaha peternakan kepada mahasiswa IPB University. Budi bercerita, ia memulai usahanya sejak 2002, ketika masih berkuliah di IPB.
 
Alumni IPB itu mengatakan, usaha budidaya hewan ternak Indonesia sangat potensial. Ia menambahkan, Indonesia adalah negara agraris, seharusnya bisa mengekspor produk pertanian. Tapi, faktanya sampai dengan hari ini kita masih impor.
 
"Kalau pun tidak impor setidaknya swasembada. Tidak ada yang salah dengan impor, yang salah adalah jika kita keasikan impor dan lupa membangkitkan potensi kita sendiri," kata Budi yang dikutip siaran pers IPB University, Kamis, 12 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Alumni IPB Jadi Bos Perusahaan Swasta Bagikan Kiat Sukses
 
Alumnus Fakultas Peternakan IPB University angkatan 37 ini memaparkan berbagai potensi besar dari hewan ternak Indonesia. Menurut Budi, Indonesia memiliki sumber plasma nutfah. Ayam kampung Indonesia dikenal dunia dengan daya adaptasi yang tinggi, gennya sering dimanfaatkan.
 
"Tapi terkadang kita tidak sadar. Jepang sedang melakukan penelitian terhadap ayam kampung kita. Jangan kaget jika nanti muncul ayam khas Jepang yang tetuanya adalah ayam kampung kita," ujarnya.
 
Potensi lainnya adalah kambing Etawa. Budi mengaku mendapati pengusaha asal Malaysia datang ke Kali Gesing, Purworejo, Jawa Tengah untuk mengumpulkan kambing Etawa berkualitas tinggi yang kemudian dikirim langsung ke Malaysia dengan pesawat khusus.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif