Ilustrasi. Dok Media Indonesia.
Ilustrasi. Dok Media Indonesia.

5 Faktor Penyebab Angka Putus Sekolah Meningkat Selama Pandemi

Pendidikan kpai putus sekolah pandemi covid-19
Arga sumantri • 06 Maret 2021 12:39

Bahkan, lanjut dia, ada pengaduan dari Pekanbaru yang ketiga anaknya di sekolah swasta yang sama sudah tidak dapat mengakses pembelajaran daring. Sudah dikeluarkan dari grup WhatsApp kelas. Padahal, salah satu anak akan ujian kelulusan sebentar lagi. 
 
"Kasus ini dalam proses penanganan oleh KPAI, pihak sekolah dan Dinas Pendidikan kota Pekanbaru sudah dimintai klarifikasi. Tahapan selanjutnya adalah mediasi demi pemenuhan ha katas pendidikan  ketiga anak tersebut," jelasnya.
 
Baca: Survei: Hampir 70% Mahasiswa Punya Sikap Toleransi Beragama yang Tinggi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Retno, beberapa sekolah memang melakukan penahanan ijazah anak yang lulus 2020 lalu, karena belum melunasi pembayaran SPP. Ada juga yang tidak dikeluarkan tetapi tidak diberi akses PJJ dan bahkan Try Out (TO) karena sang anak akan ujian kelulusan sebentar lagi. Bahkan, ada sekolah yang sampai mengeluarkan anak tersebut.
 
"Kasus-kasus ini berasal dari berbagai wilayah seperti Jakarta, Bandar Lampung, Makasar, Denpasar, Pekanbaru, kota Tangerang Selatan, Cirebon dll," pungkas Retno. 

4. Putus Sekolah akibat Kecanduan Game Online 

Saat pengawasan di kota Cimahi, KPAI mendapatkan data bahwa ada dua anak kelas 7 SMP yang berhenti sekolah karena kecanduan game online. Satu di antaranya berhenti sementara selama satu tahun untuk proses pemulihan secara psikologi.
 
 
Halaman Selanjutnya
Kisah dari para guru di…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif