Pelaksana tugas Kepala Puspresnas Kemendikbud, Asep Sukmayadi. Foto: Dok Kemendikbud.
Pelaksana tugas Kepala Puspresnas Kemendikbud, Asep Sukmayadi. Foto: Dok Kemendikbud.

Kemendikbud Berencana Bangun Pusat Prestasi Siswa Berkebutuhan Khusus

Arga sumantri • 15 Desember 2020 10:34

"Akan kita desain sedemikian rupa supaya kita bisa mengakomodasi secara komprehensif talenta-talenta yang belum terwadahi di kegiatan-kegiatan yang sudah kita lakukan selama ini, baik di keterampilan, olahraga, seni dan budaya," ujarnya. 
 
Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (Dikmas dan Diksus), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud, Samto menyakini bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki kelebihan lain dalam hidupnya. Ia menekankan, Kemendikbud bakal terus meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendidikan vokasi sebagai bekal hidup untuk mereka.
 
"Pendidikan vokasi ini diupayakan untuk membangun kemandirian peserta didik dalam mengembangkan karakter agar semua bisa maksimal dalam mengembangkan keterampilannya," ujar Samto.

Baca: Peran Pendidikan Tinggi Strategis Bagi Kemajuan Digitalisasi Bisnis
 
Samto menambahkan, talenta anak-anak berkebutuhan khusus harus dihargai dan diapresiasi agar mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk berkembang dan menunjukkan kreativitasnya di tengah-tengah masyarakat.
 
"Dengan adanya ajang kreativitas ini semakin meningkatkan motivasi seluruh peserta didik berkebutuhan khusus maupun inklusi, pendidikan khusus, dan luar biasa," ucap Samto.
 
Samto berharap para peserta ajang ini tidak hanya bercita-cita menjadi juara, melainkan menjadi orang yang istimewa. Ia juga meminta kepada para guru, kepala sekolah, dan pendamping terus membimbing anak-anak berkebutuhan khusus menjadi generasi yang istimewa.
 
 
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan