Abon hasil buatan siswa SMP Negeri 7 Makassar. Medcom.id/Renatha Swasty
Abon hasil buatan siswa SMP Negeri 7 Makassar. Medcom.id/Renatha Swasty

Proyek Sekolah Penggerak SMP Negeri 7 Makassar: Sulap Ikan Tak Laku di Pasar Jadi Abon

Renatha Swasty • 23 Juni 2022 19:03
Makassar: Siswa-siswa di Sekolah Penggerak yang menerapkan Kurikulum Merdeka dituntut membuat proyek. Hal itu, agar siswa tak cuma mendapat materi selama belajar, tetapi juga didorong untuk kreatif dan menunjukkan bakatnya.
 
Hal itu dibuktikan oleh siswa SMP Negeri 7 Makassar. Murid dan guru berkolaborasi menyulap ikan tak laku di pasar menjadi abon.
 
"Kami beli ikan tuna yang tidak laku di pasar untuk abon ini," cerita Andi Husnul Katima saat memamerkan hasil buatan kelompoknya di SMP Negeri 7 Makassar, Kamis, 23 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siswi kelas 9 itu bercerita saat mulai proyek, kelompoknya berkumpul dan membangun ide untuk membuat sesuatu. Saat itu, terpikir membuat sesuatu dari ikan, sebab sekolahnya tak jauh dari pasan ikan besar.
 
"Awalnya observasi dulu yang bisa menghasilkan. Terus, terpikir anak-anak kan jarang sarapan lagsung sekolah, jadi mau membuat sesuatu yang bisa dibawa bekal langsung, abon kan tinggal tuang. Karena dekat pasar jadi ikan saja," beber Katima.
 
Dia dan kelompoknya lalu belajar langsung membuat abon ke salah satu UMKM pembuatan abon terbesar di Maros. Setelah mendapat pelajaran, mereka mempraktikkan sendiri.
 
Kelompok yang terdiri dari laki-laki dan perempuan itu bahu membahu membuat abon. Pembuatan mulai dari membeli ikan hingga proses pengadukan.
 
Katima mengaku tidak mudah membuat abon. Kelompoknya mesti memakan waktu satu bulan untuk membuat abon yang sempurna baik rasa maupun teksture.  
 
"Pertama kali bikin itu kita beli ikan tuna 10 kilogram, tapi waktu jadi abonnya dikit sekali karena salah-salah terus," beber Katima.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif