"Potensinya ada tiga pilar yang akan mengembangkan ekonomi kreatif ini," ujar Teuku dalam forum bertajuk "1 Tahun Prabowo–Gibran: Optimism on 8% Economic Growth" di JS Luwansa Hotel & Convention Center, Jakarta, Kamis, 16 Oktober 2025.
Apa saja tiga pilar tersebut? Yuk simak penjelasan Menekraf Teuku Riefky:
Tiga pilar pengembangan ekonomi kreatif
1. Akar budaya Indonesia
Akar budaya Indonesia dinilai sangat kuat dalam menunjang kreativitas. Teuku mengatakan kreativitas dapat menjadai nilai ekonomi."Akar budaya Indonesia yang kuat sebagai inspirasi dan inovasi produk kreatif," ujar dia.
2. Populasi generasi muda
Populasi generasi muda yang besar menjadi potensi tren dari ekonomi kreatif. Terlebih generasi muda lebih mudah mengenalkannya karena memiliki kekuatan secara digital."Generasi muda yang rata-rata mereka ini digital native akan menunjang ekraf," sebut Teuku.
3. Transformasi digital
Adanya transformasi digital dapat mempermudah pengenalan produk Indonesia. Ia percaya dengan digitalisasi produk kreatif Indonesia bisa menembus pasar dengan cepat secara digital."Tiga modal dasar ini membuat peluang industri kreatif di Indonesia. Tidak cuma dihilirisasi, baik itu fesyen lokal, gim lokal itu bisa diekspor. Apalagi sekarang di luar negeri peminat produk kreatif Indonesia ini makin tinggi," ujar Teuku.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id