Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

KPU Uji Coba e-Rekap di Pilkada 2020

Pemilu rekapitulasi suara Pemilu Serentak 2020
Cindy • 12 November 2019 18:22
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menggunakan e-Rekap pada Pilkada Serentak 2020. Sejumlah wilayah bakal diuji coba.
 
"Belum diputuskan akan ada di daerah mana, tapi mulai kita kenalkan di Pilkada 2020," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa, 12 November 2019.
 
Pramono menuturkan proses e-Rekap bakal dilaksanakan pada tingkatan kabupaten/kota. KPU bakal memilih lebih dulu daerah-daerah yang siap digunakan e-Rekap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan simulasi bakal dilakukan sebelum diterapkan sepenuhnya. Pramono menyebut simulasi diperlukan buat menguji sistem rancangan KPU bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.
 
"Pasti akan kita lakukan simulasi dan evaluasi sehingga ketika betul-betul diterapkan itu relatif sudah matang," ucap Pramono.
 
Menurutnya e-Rekap merupakan sistem penghitungan rekapitulasi suara berbasis teknologi elektronik. Pramono menjelaskan nantinya pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS tetap dilakukan secara manual.
 
"Plano (kertas) yang besar itu (hasil penghitungan suara di TPS) disalin menjadi C1 kecil, nah C1 ini yang digitalisasi. Proses digitalisasi ini lah proses di tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsinya melalui proses elektronik," terang Pramono.
 
Pilkada 2020 bakal digelar di 270 daerah. Rinciannya, 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Semula, Pilkada Serentak 2020 diikuti 269 Daerah. Namun, bertambah menjadi 270 karena Pilkada Kota Makassar diulang.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif