Penetapan Tersangka Tak Hapus Status Caleg Taufik
Ketua KPU Arief Budiman - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan terdaftar sebagai calon anggota legislatif DPR pada Pemilu 2019. Pencalegan Taufik sah meski sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Tidak apa-apa itu (status tersangka), karena DCT (daftar calon tetap) sudah tidak bisa diubah," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 2 November 2018. 


Arief mengatakan Taufik bisa dicoret dari DCT jika status hukumnya sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) sebelum surat suara diproduksi. Namun jika status hukumnya belum inkracht hingga surat suara diproduksi, nama Taufik tetap akan tertulis dalam surat suara. 

Suara untuk Taufik nantinya akan diberikan kepada partai untuk dikonversi menjadi perolehan kursi. Taufik terdaftar sebagai caleg anggota DPR RI daerah pemilihan Jawa Tengah VII dari Partai Amanat Nasional (PAN). 

"Kalau dia dinyatakan tidak memenuhi syarat, suaranya itu kan diberikan kepada partai. Kalau suaranya masuk ke partai kan dihitung sebagai kursi partai," tutur dia. 

(Baca juga: KPK Pertimbangkan Menahan Taufik Kurniawan)

KPK menetapkan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan sebagai tersangka, Selasa, 30 Oktober 2018. Taufik diduga menerima duit dari eks Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad.

Uang diserahkan karena Taufik membantu menambah DAK Kabupaten Kebumen untuk fisik Rp100 miliar di APBNP 2016. Penetapan tersangka pada Taufik merupakan pengembangan perkara dari kasus Yahya Fuad.

Atas perbuatannya, Taufik dijerat Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(Baca juga: Suap Taufik Kurniawan Pakai Kode 'Ton')
 



(REN)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id