Sebanyak 455 orang jemaah haji sudah mulai masuk di Embarkasi Makassar. Mereka berangkat ke Tanah Suci pada Minggu 7 Juli 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin
Sebanyak 455 orang jemaah haji sudah mulai masuk di Embarkasi Makassar. Mereka berangkat ke Tanah Suci pada Minggu 7 Juli 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin

Jemaah Haji Perlu Ingat Nama Tempat Inap

Haji Haji 2019
Cindy • 09 Juli 2019 02:44
Jakarta: Pelaksana Tugas (Plt) Daerah kerja Madinah Amin Handoyo menghimbau jemaah haji yang baru tiba di Madinah segera mengenali pemondokan sebelum ke Masjid Nabawi. Jemaah Haji perlu mengetahui nama hotel tempat mereka menginap.
 
"Untuk tahu nama hotel ada beberapa cara, yang pertama minta kartu nama hotel di resepsionis, di kartu hotel biasanya ada peta," katanya dikutip dari kemenag.go.id, Senin, 8 Juli 2019.
 
Selain itu, Amin menyarankan agar jemaah mengambil gambar papan nama hotel. Sehingga jemaah tak lupa dan yakin hotel yang ditinggalinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Foto papan nama bisa disimpan kemudian nanti ketika pulang bisa dilihat lagi agar yakin bahwa hotel tersebut adalah hotelnya. Soalnya di sini gedungnya hampir sama semua, kalau tidak lihat papan namanya bisa saja salah," ucapnya.
 
Dia menyarankan agar jemaah berjalan kaki ke Masjid Nabawi. Hal itu dilakukan agar rute perjalanan ke Nabawi dapat diingat. Selain mengingat jalan pulang, jemaah juga diminta mengingat pintu Masjid Nabawi.
 
"Orientasi lapangan juga mesti dilakukan di Masjid Nabawi dengan mengetahui melalui pintu berapa ketika masuk. Dengan demikian akan lebih aman ketika harus kembali ke tempat semula," sambung Amin.
 
Baca juga:Saudi Sambut Kloter Jemaah Calon Haji Fast Track Indonesia
 
Jemaah Haji, lanjutnya, perlu mengenali petugas haji Indonesia yang sudah dilengkapi atribut khusus. Petugas dapat ditemui di area sekitar Masjid Nabawi dan siap membantu jemaah yang membutuhkan pertolongan. Amin juga menghimbau jemaah yang melaksanakan Arbain untuk tak lupa salah 40 waktu.
 
"Jangan sampai mengejar sunah tapi mengesampingkan kesehatan. Salah 40 waktu dengan berjamaah di Masjid al Haram Nabawi untuk selalu menjaga kesehatan," tuturnya.
 
Menurutnya, rangkaian ibadah haji yang dilakukan akan cukup panjang. Sehingga memerlukan cukup tenaga untuk mengikuti rangkaian wajib haji di Mekkah.

 

(BOW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif