Ilustrasi jemaah haji. Medcom.id/Pythag Kurniati
Ilustrasi jemaah haji. Medcom.id/Pythag Kurniati

Puluhan Radio Panggil Disita dari Jemaah Embarkasi Surabaya

Haji Haji 2019
Antara • 11 Juli 2019 09:39
Surabaya: Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menyita puluhan unit alat komunikasi radio panggil (handy talky atau HT) dari jemaah calon haji. Radio panggil tersebut disita dari kelompok terbang (kloter) 12 dan 13 yang masuk Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Rabu 10 Juli 2019.
 
"Awalnya kami menemukan satu unit HT dari sebuah koper milik calon haji asal Sampang, Jawa Timur, yang tergabung dalam kloter 12," ujar Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Surabaya Sutarno Pertowiyono kepada wartawan di Surabaya.
 
Petugas juga menemukan 34 radio panggil dari dua koper milik calon haji kloter 13 Embarkasi Surabaya asal Probolinggo, Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemilik radio panggil mengaku alat tersebut akan dipergunakan sebagai alat komunikasi selama menjalankan ibadah haji. Namun, Sutarno menjelaskan alat komunikasi radio panggil dilarang Pemerintah Arab Saudi dengan alasan mengganggu frekuensi.
 
Pada musim haji tahun lalu, Embarkasi Surabaya meloloskan sebanyak 76 unit radio panggil yang dibawa satu rombongan calon haji asal Sidoarjo. Akhirnya alat komunikasi tersebut disita petugas imigrasi setiba di bandara Arab Saudi.
 
"Kalau tetap membawa pasti akan ketahuan saat pemeriksaan barang di Asrama Haji Embarkasi Surabaya dan pasti kami sita," tuturnya.
 
Jemaah calon haji kloter 12 dan 13 Embarkasi Surabaya berangkat ke Tanah Suci pada Kamis, 11 Juli 2019, dini hari.
 

 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif